Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi di Departement Laboraturium Penguji PT Pupuk Kaltim B

Utami, AstriDian (2015) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai melalui Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi di Departement Laboraturium Penguji PT Pupuk Kaltim B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh disiplin kerja terhadap hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional dengan kinerja pegawai dan pengaruh disiplin kerja terhadap hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional dengan kinerja pegawai Departement Laboraturium Penguji PT Pupuk Kaltim Bontang. Sampel yang diperoleh sebanyak 74 responden. Sesuai dengan tujuan di atas maka dalam penelitian ini dirumuskan lima hipotesis. Hipotesis pertama, gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Hipotesis kedua, budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap disiplin kerja. Hipotesis ketiga, disiplin kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Hipotesis keempat, gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh secara positif dan signifikan terhdap kinerja pegawai. Hipotesis kelima, budaya organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Untuk memudahkan pemecahan masalah, penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode analisis regresi linear dan analisis jalur dan Sobel Test dengan bantuan SPSS 15.0. Hasil penelitian ini adalah: gaya kepemimpinan transaksional dan budaya organisasi berpengaruh positif dansignifikan terhadap kinerja pegawai; disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai; disiplin kerja secara positif dan signifikan memediasi hubungan antara gaya kepemimpinan transaksional terhadap kinerja pegawai; dan disiplin kerja secara positif dan signifikan juga memediasi hubungan antara budaya organisasi terhadap kinerja pegawai. Saran-saran untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya menambah sampel dan memperluas cakupan penelitian, mepertimbangkan variabel-variabel lain yang masih erat kaitannya dengan variabel-variabel dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/800/051508216
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Dec 2015 14:09
Last Modified: 15 Dec 2015 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117894
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item