Implementasi Perda Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Untuk Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan Dikawasan Ngoro Industri Persada (NIP) (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup

Aprilia, RiskaDewi (2015) Implementasi Perda Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Untuk Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan Dikawasan Ngoro Industri Persada (NIP) (Studi Pada Badan Lingkungan Hidup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan Implementasi Perda No 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Di Kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) terkait dengan permohonan ijin pembuangan limbah cair. Pemilihan judul ini dilatarbelakangi karena para pemrakarsa atau pemilik kegiatan dan/atau usaha masih banyak yang tidak mengetahui bahwa kegiatan usahanya tersebut masuk dalam kegiatan yang wajib UKL-UPL. Permasalahan yang diangkat adalah Apakah Pelaksanaan Perda No 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Di Kawasan Ngoro Industri Persada (NIP) telah dilakukan dan hambatan yang di hadapi Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang dalam Perda No 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Di Kawasan Ngoro Industri Persada (NIP), serta bagaimana upaya yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto dalam menghadapi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pedekatan deskriptif. Penelitian ini berusaha menggambarkan data penelitian yang diperoleh. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan memadukan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara kepada para informan, observasi dan analisi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa Pelaksanaan pembuangan limbah cair di kawasan Ngoro Industri Persada telah dilakukan sesuai dengan Perda Kabupaten Mojokerto No 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan, namun belum efektif karena adanya kendala dalam faktor penegak hukumnya, serta kendala dari faktor masyarakat dan pemilik usaha. Hambatan dalam mengimplementasika Perda No 24 Tahun 2006 Tentang Pengendalian Pencemaran Lingkungan adalah wilayah kerja Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Mojokerto yang sangat luas, sosialisasi yang belum optimal, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang Perda Nomor 24 Tahun 2006, masih banyaknya pemrakarsa yang belum mengerti dan membuat dokumen UKL-UPL serta lamanya waktu perbaikan atau penyempurnaan sehingga pengembalian UKL-UPL melebihi batas waktu yang telah ditentukan sehingga proses penerbitan dokumen UKL-UPL oleh Badan Lingkungan Hidup juga menjadi terhambat. Upaya dalam mengatasi kendala tersebut yaitu dengan cara mengoptimalkan Sumber Daya Manusia yang ada, mengoptimalkan fasilitas yang ada, melakukan sosialisasi, serta seminar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/795/051508211
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Dec 2015 12:58
Last Modified: 15 Dec 2015 12:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117886
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item