Ningsih, IkePrasetia (2015) Kajian Program Campus Social Responsibility Terhadap Anak Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) (Studi Pada Dinas Sosial Kota Surabaya)”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Implementasi program campus social responsibility di Kota Surabaya yang dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Surabaya yang juga sebagai pencetus ide dari pelaksanaan program ini dilakukan karena adanya faktor tingkat permasalahaan kesejahteraan sosial di Kota Surabaya khususnya yang menimpa anak-anak pada usia sekolah. Faktor ini yang mengakibatkan banyak dari mereka yang tidak bisa melanjutkan sekolah atau bahkan tidak pernah sama sekali memperoleh pendidikan. Dengan mengacu pada beberapa peraturan daerah Surabaya, adanya implementasi program ini diharapkan dapat mengurangi angka putus sekolah yang dialami anak penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program campus social responsibility di Kota Surabaya dengan melihat beberapa standar kriteria penilaian yang sudah ditetapkan oleh Dinas Sosial, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui sasaran, bentuk kegiatan, pihak-pihak yang terlibat serta bagaimana hasil dari pelaksanaan program ini di Kota Surabaya. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi program ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif serta fokus penelitian pada implementasi program campus social responsibility di Kota Surabaya. Implementasi program campus social responsibility ini diteliti dengan berdasarkan adanya model kesesuaian implementasi program serta keterkaitan dengan konsep kesejahteraan sosial masayarakat dan pemberdayaan masyarakat. Implementasi program ini dilakukan dengan bentuk kegiatan pendampingan yang merupakan pendampingan sosial yang dijadikan sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah implementasi program ini berjalan di Surabaya sudah berjalan sesuai dengan bentuk kegiatan, sasaran, penentuan pihak-pihak yang terlibat serta adanya beberapa standar penilaian dalam berjalannya program ini. Implementasi program ini harus memperhatikan secara jelas bagaimana alasan anak penyandang masalah kesejahteraan sosial tidak bisa bersekolah lagi, serta upaya perlunya pembentukan struktur khusus dalam pelaksanaan program ini dan peningkatan perbaikan modul yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan program campus social responsibility.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/794/051508210 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 17 Dec 2015 10:02 |
Last Modified: | 17 Dec 2015 10:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |