Strategi Menciptakan Iklim Usaha Kecil Menengah pada Industri Kreatif Batik Tulis sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan Kabupaten Kediri).

Rini, ElinPrasetyo (2015) Strategi Menciptakan Iklim Usaha Kecil Menengah pada Industri Kreatif Batik Tulis sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Dinas Koperasi, Industri, dan Perdagangan Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekonomi menyebabkan banyak usaha berskala besar mengalami stagnasi bahkan berhenti aktivitasnya, namun sektor UKM terbukti lebih tangguh dalam menghadapi krisis tersebut. Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah UKM yang cukup banyak dan beragam. Sampai Desember 2014, terdapat 14.744 UKM tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kediri. Salah satu potensi daerah yang cukup besar untuk dikembangkan adalah industri kreatif batik tulis. Kabupaten Kediri mengklaim bahwa motif jaranan (kuda lumping) dan mangga podang sebagai motif batik khas daerah. Terdapat 19 perajin batik di Kabupaten Kediri, namun yang dinilai produktif hanya sekitar 10 perajin. Hal tersebut menunjukan iklim usaha yang ada belum dapat berkembang dengan baik. Melihat hal tersebut, maka peneliti ingin mengetahui strategi yang digunakan oleh Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri dalam menciptakan iklim UKM pada industri kreatif batik tulis serta faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, obeservasi, dan dokumentasi. Strategi yang digunakan oleh Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan Kabupaten Kediri dalam menciptakan iklim UKM pada industri kreatif batik tulis meliputi akses permodalan, pembangunan prasarana, pengembangan pemasaran, dan pengembangan SDM. Strategi yang dilaksanakan berjalan dengan baik, namun beberapa strategi tidak sesuai dengan kebutuhan dari industri kreatif batik tulis. Strategi berjalan dengan baik karena adanya faktor pendukung berupa dukungan dari pemerintah dan adanya Koperasi Batik “Kirana”. Faktor yang menghambat adalah keterbatasan SDM dan aspek hukum UKM dan batik tulis. Peneliti memberikan beberapa saran, diantaranya: pengembangan pemasaran dengan cara melakukan promosi menggunakan media massa daerah; mempertegas instruksi Bupati mengenai penggunaan batik tulis khas Kabupaten Kediri; memberikan materi mengenai batik tulis di sekolah; memberikan Hak Paten (trade mark) batik tulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/788/051508204
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Dec 2015 14:20
Last Modified: 01 Dec 2015 14:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117878
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item