Analisis Kesiapan Kecamatan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kecamatan Dampit, Kabupaten Ma

Santi, RifkiNurAulia (2015) Analisis Kesiapan Kecamatan Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Kecamatan Dampit, Kabupaten Ma. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar tentang Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan. Dimana dalam Peraturan Menteri tersebut disebutkan bahwa seluruh kecamatan ditetapkan sebagai penyelenggara PATEN selambat-lambatnya lima tahun sejak Peraturan Menteri tersebut ditetapkan. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan selanjutnya disingkat PATEN adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan dari tahap permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat. Penyelenggaraan PATEN bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tentang kesiapan Kecamatan Dampit dalam penyelenggaraan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 tersebut. Fokus penelitian meliputi (1) Kesiapan Kecamatan Dampit dalam Penyelenggaraan PATEN, yang dilihat dari tiga persyaratan penyelenggaran PATEN yaitu persyaratan substantif, persyaratan administratif, dan persyaratan teknis; (2) Faktor yang mempengaruhi kesiapan Kecamatan Dampit dalam penyelenggaraan PATEN yang meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data tersebut melibatkan beberapa aparatur Kecamatan Dampit. Analisa data dilakukan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Fokus analisa ini sebagai kelanjutan proses dari pengumpulan data dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Kesiapan Kecamatan Dampit dalam penyelenggaraan PATEN jika dilihat dari segi substantif dan administratif dapat dikatakan sudah siap karena sudah terdapat Peraturan Bupati tentang pelimpahan wewenang sebagian urusan Bupati kepada Camat, dan juga sudah terdapat standar pelayanan dan uraian tugas personil kecamatan. Namun jika dilihat dari segi teknis yang terkait dengan sarana dan prasarana masih belum siap; (2) Faktor pendukung yang mempengaruhi kesiapan Kecamatan Dampit dalam penyelenggaraan PATEN antara lain, sudah terdapat peraturan daerah yang terkait dengan persyaratan substantif, sudah ada standar pelayanan, dan dari segi kemampuan Sumberdaya Manusia (SDM). Sedangkan faktor penghambat yang dapat mempengaruhi kesiapan Kecamatan Dampit dalam penyelenggaraan PATEN antara lain kurangnya sarana prasarana, terbatasnya jumlah SDM, dan kesadaran masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/783/051508199
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Dec 2015 10:05
Last Modified: 01 Dec 2015 10:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117873
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item