Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepolisian Melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) (Studi Pada Polisi Resort Pasuruan Kota)

Pratiwi,KrisnaAnggun (2015) Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepolisian Melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) (Studi Pada Polisi Resort Pasuruan Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar problematika pelayanan publik yang diberikan oleh Polri kurang mendapatkan kepercayaan masyarakat dikarenakan pelayanan yang kurang efektif, efisien, cepat, dan murah serta adanya prosedur pelayanan yang rumit. Citra pelayanan publik yang diberikan oleh kepolisian dinilai masih kurang baik dan belum memenuhi stadar pelayanan publik yang baik. Hal itu dibuktikan dengan adanya stigma negatif yang diberikan masyarakat untuk pelayanan kepolisian. Pada hakekatnya Polri merupakan institusi negara yang memberikan pelayanan publik dengan memiliki komitmen yaitu sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat. Perlu adanya upaya peningkatan kualitas pelayanan kepolisian melalui unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Dengan mengangkat rumusan masalah yaitu bagaimana upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian melalui Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan lokasi penelitian pada Polisi Resort Pasuruan Kota. Dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan informan dan data sekunder yaitu berupa peraturan yang berlaku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian Unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasuruan Kota dapat dilakukan dengan berpedoman pada regulasi sebagai dasar pelayanan, sumber daya kepolisian, dan sarana prasarana. Kualitas pelayanan yang disuguhkan unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasuruan Kota dapat dikatakan telah memenuhi standar dan prinsip pelayanan prima yang ditentukan dengan adanya pelayanan yang efektif, efisien, cepat, tepat, terbuka, dan murah dilihat dari segi jenis pelayanan, standar waktu pelayanan, biaya pelayanan, usia pelapor, dan prosedur pelayanan. Faktor pendukung dan penghambat dilihat dari dua segi yaitu faktor internal dan faktor internal. Diperlukan adanya peningkatan dan perbaikan dalam segi anggaran operasional, personel kepolisian, dan sarana prasarana, namun unit Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Pasuruan Kota terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kota pasuruan agar tercipta ketentraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

English Abstract

The study is done on the basis of problems public services delivered by police to lack of public trust service because is ineffective, inefficient, slow, and expensive and the procedures that complicated. The image of public services provided by police is still considered inadequate and not fulfill stadart good public services. It was proven by the negative stigma given community service to police. Substantially police state is institutions that provide public services by having the commitment that is as a patron, and a public servant. This needs to the efforts to improve the quality of service unit police through police service center of integrated (SPKT). The formulation with the problems are how an effort to improve the quality of services police through police service center integrated health (SPKT) and anything by factors both supporters and factors that hampers in an effort to improve the quality of services police through police service center integrated health (SPKT). Research methodology that is used is descriptive research with a qualitative approach to the location of research on Police Resorts Pasuruan City. To the source of primary data obtained through interviews with the source of information and secondary data in the form of the regulation The results of research shows that efforts to improve the quality of police service unit police service center (SPKT) integrated Police Resort Pasuruan City can be conducted based on regulations as the basis of service, police resources, and infrastructure. The quality of services that traditional integrated police service center unit (SPKT) Police Resort Pasuruan City can be said to have met the standards and the service excellence service determined by the existence of effective, efficient, fast, right, open, and cheap viewed from the type of service, standard time of service, the cost of services, the age of the reporter, and procedures. Supporters and inhibitors of factors seen from two terms and the internal factor is the internal factor. Improvements need to be increased and, in terms of operational budget police personnel, and infrastructure, but the police service center (SPKT) integrated Police Resort Pasuruan City keeps trying to provide qualified public service pasuruan to create city convenience and orderliness in society.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/77/ 051502161
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Mar 2015 10:33
Last Modified: 17 Mar 2015 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117859
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item