Pengaruh Socially Responsible Business Practice Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Pegawai PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya (Studi CSR Pada PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya),

Islamiaddin, YuviAzhar (2015) Pengaruh Socially Responsible Business Practice Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Pegawai PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya (Studi CSR Pada PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebuah perusahaan dalam kegiatan operasional hariannya tentu saja harus mematuhi aturan-aturan dan hukum yang berlaku serta melaksanakan kegiatan social untuk semua pihak termasuk pemegang saham, pekerja/ pegawai, masyarakat luas dan lingkungan sekitarnya di segala bidang. Kegiatan social tersebut diharapkan mampu memberikan kesejahteraan sehingga keberadaan perusahaan bukan saja hanya untuk mencari keuntungan semata tapi juga dapat memberikan kesejahteraan bagi lingkungan sekitarnya. Corporate Social Responsibility (CSR) atau yang dalam Bahasa Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Tanggung jawab sosial telah diatur dalam UU Nomor 40 Tahun 2007 pasal 74 Tentang Perseroan Terbatas dan UU Nomor 25 tahun 2007 pasal 15 tentang Penanaman Modal agar perusahaan BUMN/Swasta dapat melakukan tanggung jawab sosialnya. Sasaran dari kegiatan CSR bukan hanya masyarakat sekitar dan lingkungan sekitar (eksternal) tetapi juga dapat diberikan kepada para pekerjanya (internal) karena dengan dijalankannya CSR kepada pegawainya, secara tak langsung dapat mensejahterakan hidup para pegawainya dan perusahaan tempat menaunginya juga akan merasakan dampaknya seperti kesejahteraan pegawai yang meningkat, kepuasan karyawan, pegawai yang lebih rajin dalam bekerja, serta loyalitas pegawai. Oleh sebab itu tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari adanya kegiatan CSR Socially Responsible Business Practice terhadap kesejahteraan pegawai PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya dengan menyajikan data statistic sehingga dapat dengan mudah untuk mengetahui gambaran sebenarnya dari pengaruh kegiatan tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Socially Responsible Business Practice (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan pegawai PT. Pertamina (Persero) MOR V Surabaya (Y). Penyelenggaraan program CSR Socially Responsible Bussines Practice dapat mensejahterakan kehidupan para pekerjanya melalui jenis-jenis aktifitas yang didalamnya meliputi membuat fasilitas yang sesuai dengan standart keamanan dan keselamatan yang direkomendasikan, pengembangan perbaikan proses produksi barang dan jasa, penghentian penawaran produk yang ditenggarai berbahaya bagi kesehatan manusia, memilih rekanan kerja yang dapat dipercaya serta mengembangkan program yang menunjang terciptanya kesejahteraan pegawai. Sehingga dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, pegawai jadi lebih terpenuhi kebutuhannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/768/051508184
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2015 15:42
Last Modified: 30 Nov 2015 15:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117857
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item