Rochmatara, RatnaJuwitaPutri (2015) Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Perizinan Terpadu Melalui Sistem Manajemen ISO 9001:2008 (Studi Pada Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Magetan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman modern ini, harapan masyarakat untuk peningkatan kualitas pelayanan publik terutama pada pelayanan perizinan terpadu semakin kompleks yaitu adanya ketepatan waktu, transparansi biaya, tidak adanya diskriminasi. Untuk memenuhi harapan masyarakat, maka penyelenggara pelayanan perizinan terpadu melakukan suatu strategi peningkatan kualitas pelayanan dengan melalui sistem manajemen ISO 9001:2008. Sistem manajemen ISO 9001:2008 merupakan standar internasional untuk sistem manajemen kualitas yang efektif dan efisien serta adanya perbaikan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan perizinan terpadu melalui sistem manajemen ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Magetan. Analisis data yang digunakan adalah Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian pada KPPT Kabupaten Magetan menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi peningkatan kualitas pelayanan perizinan terpadu melalui sistem manajemen ISO 9001:2008 secara keseluruhan telah memenuhi komponen pada sistem manajemen ISO 9001:2008 yaitu pada (1) Tanggung Jawab Manajemen, (2) Manajemen Sumber Daya, (3) Realisasi Produk, dan (4) Pengukuran, Analisis dan Peningkatan, akan tetapi masih ada kendala yang dapat menghambat pelaksanaan strategi ISO 9001:2008 untuk peningkatan kualitas pelayanan perizinan terpadu yaitu kesalahan persyaratan data pemohon saat penyerahan berkas dan keterlambatan rekomendasi dari SKPD/Dinas terkait. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah diperlukan kesadaran bagi para pengusul untuk lebih teliti dan cermat dalam melengkapi persyaratan berkas perizinan dan juga diperlukan kesadaran bagi para pegawai KPPT Kabupaten Magetan untuk lebih teliti dan cermat dalam mengoreksi kelengkapan persyaratan perizinan, serta perlu adanya komitmen dari dinas/SKPD terkait untuk memahami dan mendukung kinerja dan prosedur yang telah ditetapkan oleh KPPT Kabupaten Magetan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/765/051508154766 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 30 Nov 2015 14:47 |
Last Modified: | 30 Nov 2015 14:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |