Dewi, RatihKusuma (2015) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Tempat Wisata Jawa Timur Park 1 Kota Wisata Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Experiential Marketing merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat pengalaman yang baik dalam benak pelanggan sehingga membuat pelanggan berkeinginan untuk mengulang kembali pengalamannya dan bersedia mengeluarkan uang lebih untuk menikmati pengalaman baru menggunakan fasilitas lain yang ditawarkan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari : 1) Variabel Experiential Marketing terhadap variabel Kepuasan pelanggan, 2) Variabel Kepuasan Pelanggan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan, 3) Variabel Experiential Marketing terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksplanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Obyek pada penelitian ini adalah pelanggan tempat wisata Jatim Park 1. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin Campbell dan mendapat sampel sebanyak 112 responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan angket kepada responden yang sudah pernah mengunjungi Jatim Park 1 minimal dua kali. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan pelanggan dengan jalur sebesar 0,782 dan probabilitas 0,000 (p < 0,05). Variabel Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,196 dan probabilitas 0,121 (p > 0,05). Variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0, 414 dan probabilitas 0,001 (p < 0,05). Hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengalaman baik terhadap hiburan di tempat wisata Jatim Park 1 yang berkesan dalam benak pelanggan membuat pelanggan mau untuk mengunjungi kembali tempat wisata Jatim Park 1 walaupun pelanggan merasa tidak puas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/764/051508153 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 15:10 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 04:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117853 |
Preview |
Text
SKRIPSI_FULL_SELLA_2.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |