Analisis Fundamental dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Pengambilan Keputusan Investasi (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan minuman serta Sub

Fathoni, NurIhwanul (2015) Analisis Fundamental dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Pengambilan Keputusan Investasi (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan minuman serta Sub. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar modal memberikan banyak pilihan sekuritas kepada para investor yang ingin berinvestasi, salah satunya yaitu saham. Saham memiliki karakteristik yang dikenal dengan high risk-high return. Saham memberikan keuntungan melalui pembagian dividen atau laba sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki dan dari capital gain. Saham memiliki nilai intrinsik yang dipengaruhi oleh unsur-unsur fundamental perusahaan, seperti ROE, EPS, DPS, DPR, dan PER. Perbandingan Nilai Intrinsik dengan Nilai Pasar Saham dapat dijadikan tolok ukur untuk melihat harga saham apakah dinilai mahal (overvalued), dinilai murah (undervalued), atau dinilai wajar (correctly valued). Tujuan penelitian ini adalah menilai kewajaran harga suatu saham dengan pendekatan PER. Pengambilan keputusan investasi dari perusahaan yang diteliti. Mengetahui perusahaan mana yang menguntungkan berdasarkan penilaian saham dengan pendekatan PER. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan perusahaan sub sektor makanan dan minuman serta sub sektor farmasi yang terdaftar di BEI periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan maka ada 8 perusahaan yang dijadikan sampel diantaranya dengan kode saham DLTA, INDF, MYOR, ROTI, DVLA, KAEF, KLBF, TSPC. Hasil Penelitian ini menunjukkan tiga perusahaan yang harga sahamnya berada pada kondisi undervalued. Keputusan yang dapat diambil pada kondisi undervalued yaitu membeli atau menahan saham tersebut. Lima Perusahaan lainnya berada pada kondisi overvalued, keputusan yang dapat diambil yaitu menjual atau menahan saham tersebut. Investor sebaiknya memperhatikan prospek bisnis perusahaan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan. Investor yang ingin berinvestasi jangka panjang lebih tepat menggunakan analisis PER. Informasi yang banyak mengenai perusahaan juga dibutuhkan sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/758/051508147
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2015 14:18
Last Modified: 30 Nov 2015 14:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117846
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item