Analisis Perbandingan Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Studi Pada Perusahaan DI Bursa Efek Indonesia Yang Me

Andini, Dwi Ari (2015) Analisis Perbandingan Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger dan Akuisisi (Studi Pada Perusahaan DI Bursa Efek Indonesia Yang Me. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Merger dan akuisisi merupakan strategi yang cukup populer dilakukan oleh perusahaan. Merger dan akuisisi di Indonesia pada tahun 2010 mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun 2008 dan tahun 2009. Penilaian merger dan akuisisi dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan dengan menggunakan analisis Return On Investment (ROI) dan Earning Per Share (EPS). Penilaian merger dan akuisisi juga dapat dinilai dari harga saham, yang dapat dihitung dengan abnormal return. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan ROI, EPS, dan abnormal return pada perusahaan pengambilalih sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian studi peristiwa (event study) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian adalah ROI, EPS dan abnormal return. Sampel dalam penelitian ini adalah dua perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari annual report, laporan keuangan tahunan, dan harga saham harian. Pengambilan data dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Hasil analisis terhadap ROI menunjukkan nilai mean ROI sesudah lebih besar daripada mean ROI sebelum merger dan akuisisi, namun secara statistik dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan perbedaan ROI yang tidak signifikan. Hasil analisis pada EPS menunjukkan nilai mean sesudah lebih besar daripada mean EPS sebelum, hasil uji statistik dengan uji paired sample t test juga menunjukkan perbedaan EPS yang signifikan. Hasil berbeda ditunjukkan pada hasil analisis untuk abnormal return yang menunjukkan nilai mean sebelum lebih besar daripada mean abnormal return sesudah, demikian juga dengan hasil uji statistik dengan menggunakan uji wilcoxon signed rank test menunjukkan perbedaan abnormal return yang tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/755/051508144
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Nov 2015 13:59
Last Modified: 13 Sep 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117843
[thumbnail of Dwi Ari Andini.pdf] Text
Dwi Ari Andini.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item