Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Apel dalam Meningkatkan Penghasilan Masyarakat Petani (Studi pada Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupat

VikyAndani, AriskaTri (2015) Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Apel dalam Meningkatkan Penghasilan Masyarakat Petani (Studi pada Desa Poncokusumo Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang dalam mengembangkan sektor pertanian serta menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan sektor pertanian apel di Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian ini melihat bahwa dengan adanya berbagai macam kebijakan Pemerintah Kabupaten Malang terkait mengembangkan sektor pertanian apel di Desa Poncokusomo.. Sebuah penelitian terdapat beberapa jenis penelitian, salah satunya yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Poncokusumo, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Desa poncokusumo dipilih menjadi salah satu tempat penelitian oleh peneliti karena desa Poncokusumo mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani apel dengan mendukung konsep mengoptimalkan potensi hasil pertanian lokal sebagai upaya kegiatan pembangunan kesejahteraan masyarakat dalam pembangunan nasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analsisis evaluatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Malang sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Penelitian ini juga melihat bahwa strategi tersebut juga harus sesuai dengan musim tanam yang berlaku. Antisipasi pemerintah juga melihat bahwa ketika musim tanam apel beralih para petani bertanam ke sayur mayor. Oleh karena itu kebijakan untuk meningkatkan pendapatan petani juga harus melihat faktor cuaca. Beberapa faktor pendukung yang penting diperhatikan yaitu Desa Poncokusumo memiliki banyak sumber air yang harus dikelola dengan benar. Faktor penghambat yang ada pada pengembangan sektor pertanian apel di Desa Poncokusumo yaitu terjadi problematika unsur hara yang telah mengalami penurunan kesuburan tanah sehingga banyak petani yang beralih ke komoditi sayur mayur untuk mengurangi kerugian biaya pertanian oleh karena itu hal tersebut harus diperhatikan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/749/051509103
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Nov 2015 09:13
Last Modified: 27 Nov 2015 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117836
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item