Halimah, Nur (2015) Strategi Pengembangan Layanan Perpustakaan Umum Kota Malang dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perpustakaan umum Kota Malang merupakan perpustakaan yang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat pada umumnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Oleh karena itu, Perpustakaan Umum Kota Malang menyediakan semua kebutuhan informasi masyarakat tersebut. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan dan meningkatkan berbagai fasilitas untuk mendukung kegiatan belajar. Dengan fasilitas pendukung tersebut diharapkan jumlah pengunjung di perpustakaan meningkat, tetapi kenyataannya jumlah pengunjung perpustakaan umum malah menurun. Hal tersebut menyebabkan perpustakaan umum harus membuat strategi pengembangan layanan yang inovatif untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan proses pemecahan masalah yang diselidiki dengan mendeskripsikan keadaan suatu subyek atau obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang nampak sebagaimana adanya. Fokus dalam penelitian ini adalah layanan perpustakaan umum dalam meningkatkan jumlah pengunjung, faktor pendukung dan penghambat layanan perpustakaan umum dan strategi pengembangan layanan perpustakaan umum dalam meningkatkan jumlah pengunjung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan yang disediakan di Perpustakaan Umum Kota Malang terdiri dari layanan teknis dan layanan pembaca. Layanan teknis terdiri dari pengadaan dan pengolahan koleksi bahan pustaka. Sedangkan layanan pembaca terdiri dari layanan anak, umum, perpustakaan keliling, fotokopi dan lainnya. Faktor yang mendukung pelaksanaan layanan perpustakaan yang paling utama adalah anggaran dan sarana prasarana. Untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya sumberdaya manusia. Strategi untuk mengembangkan layanan di perpustakaan yang dapat diterapkan di Perpustakaan Umum Kota Malang ada 4 antara ain sebagai berikut: 1). Pengadaan Koleksi Bahan Pustaka Terbaru Satu Bulan Sekali, 2). Mengadakan Bedah Buku Populer Beserta Penulis Terkenal. 3). Memberikan Hadiah Kepada Pengunjung yang Aktif. Strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung di Perpustakaan Umum Kota Malang. Saran yang dapat peneliti berikan disini adalah diharapkan Perpustakaan Umum Kota Malang menerapkan strategi pengembangan yang tercantum diatas. Tujuannya adalah untuk meningkatkan layanan yang ada di perpustakaan serta menarik minat masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Selain itu, diharapkan Perpustakaan Umum Kota Malang menambah strategi lagi untuk mengembangkan layanan di perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/748/051508137 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Nov 2015 08:59 |
Last Modified: | 27 Nov 2015 08:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |