Sanjaya, Popy (2015) Pelaksanaan CSR (Corporate Social Responbility) PT. PLN Distribusi Jawa Timur untuk Pengembangan Bank Sampah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kota Malang menjadi salah satu wilayah operasional kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT. PLN Distribusi Jawa Timur, yaitu kegiatan pengembangan Bank Sampah Malang yang terletak di Kecamatan Sukun Kota Malang. Bank Sampah Malang (BSM) adalah lembaga yang berbadan hukum koperasi bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang dan CSR PT. PLN Distribusi Jawa Timur, didirikan untuk menangani permasalahan sampah dengan mengadakan program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang mengikut sertakan masyarakat diantaranya dengan cara membina, melatih, mendampingi sekaligus membeli dan memasarkan hasil dari kegiatan pengelolaan sampah dari hulu atau sumber masyarakat Kota Malang dalam rangka pengurangan sampah di TPS atau TPA dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan sampah dengan program 3R (reduce, reuse dan recycle) serta perubahan perilaku masyarakat menuju lingkungan Kota Malang yang ber BSM: Bersih, Sejuk dan Manfaat.BSM juga membuka ilmu persampahan yang mempunyai nilai ekonomis sesuai pengalaman BSM, sehingga bagi pemerintah daerah atau komunitas lingkungan maupun organisasi pemberdayaan ekonomi masyarakat dapat magang ke BSM atau BSM berbagi pengalaman dalam kegiatan seminar, semiloka, workshop, pelatihan, dan lain-lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PLN Distribusi Jawa Timur untuk pengembangan Bank Sampah Malang dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan CSR (Corporate Social Responsibility) PT. PLN Distribusi Jawa Timur untuk pengembangan Bank Sampah Malang.Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan Field Research (studi lapangan) yaitu merupakan teknik pengumpulan data melalui terjun langsung ke lapangan atau objek penelitian dengan melakukan : observasi , wawancara mendalam, dokumentasi.Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data dari Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. PT. PLN Distribusi Jawa Timur melalui kegiatan CSR pada tahun 2011 membentuk bank sampah Malang yang bertujuan untuk membantu Pemerintah Kota Malang dalam mengatasi dan mengurangi sampah di Kota Malang. Bank sampah juga bertujuan untuk mengaktifkan peran serta masyarakat untuk mengurangi sampah dan menjadikan sampah tersebut bermanfaat dari aspek lingkungan, sosial dan ekonomi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/744/051508133 |
Subjects: | 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.72 Sanitation > 363.728 Wastes > 363.728 8 Specific kinds of wastes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Nov 2015 15:29 |
Last Modified: | 30 Dec 2020 04:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |