Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja (Studi pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang),

Permana, DwitaAngga (2015) Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja (Studi pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas kehidupan kerja dan lingkungan kerja pada suatu perusahaan memiliki pengaruh penting terhadap disiplin kerja karyawan. Tingkat kesehatan kerja yang baik, kepuasan terhadap citra perusahaan, dan penggunaan teknologi dalam membantu pekerjaan dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan kerja karyawan. Kondisi lingkungan kerja yang memadai, nyaman, dan menyenangkan juga akan membuat karyawan merasa betah berada di ruangan kerjanya. Sehingga, karyawan akan semakin disiplin dalam menjalankan pekerjaannya. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap disiplin kerja, pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap disiplin kerja, pengaruh lingkungan kerja non fisik terhadap disiplin kerja, serta pengaruh kualitas kehidupan kerja dan lingkungan kerja terhadap disiplin kerja karyawan PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitan penjelasan (explanatory research) dengan metode kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan adalah karyawan di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang sebanyak 55 karyawan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif melalui nilai mean yang dihasilkan menunjukkan bahwa rata-rata responden menilai kualitas kehidupan kerja, lingkungan kerja fisik dan non fisik, dan disiplin kerja karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang sangat baik. Hasil penelitian ini adalah kualitas kehidupan kerja dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap disiplin kerja karyawan pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Cabang Utama Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen (kualitas kehidupan kerja, lingkungan kerja fisik, dan lingkungan kerja non fisik) yang digunakan dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan dan menunjukkan hasil positif. hal ini menunjukkan bahwa dengan tingginya kualitas kehidupan kerja, kondisi ruang kerja yang memadai, serta kenyamanan dalam lingkungan kerja akan memengaruhi disiplin kerja karyawan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/742/051508131
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Nov 2015 09:51
Last Modified: 09 Nov 2022 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117829
[thumbnail of Dwita Angga.pdf] Text
Dwita Angga.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item