Pengaruh Iklan Televisi terhadap Kesadaran Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian

Febriana, ChalifahNur (2015) Pengaruh Iklan Televisi terhadap Kesadaran Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Iklan televisi merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi kesadaran merek. Iklan televisi yang menarik akan selalu diingat konsumen dan menumbuhkan kesadaran merek. Kesadaran merek yang kuat di benak konsumen akan menimbulkan familiaritas yang tinggi. Iklan televisi TRESemmé telah menumbuhkan kesadaran merek pada konsumen Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh iklan televisi terhadap kesadaran merek; (2) pengaruh iklan televisi terhadap keputusan pembelian; dan (3) pengaruh kesadaran merek terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research. Variabel dalam penelitian ini adalah iklan televisi, kesadaran merek, dan keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi S1 Universitas Brawijaya yang mengetahui iklan televisi TRESemmé dan merupakan pengguna produk TRESemmé. Sampel sebanyak 115 orang responden diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa: (1) variabel iklan televisi berpengaruh signifikan terhadap variabel kesadaran merek dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,541 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel iklan televisi berpengaruh tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,084, tidak signifikan dengan probabilitas sebesar 0,377 (p>0,05); (3) variabel kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap varibel keputusan pembelian dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,483 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pihak TRESemmé Indonesia terus melakukan inovasi dalam setiap iklan televisi, menambah frekuensi iklan televisi, serta menambah penayangan acara yang disponsori TRESemmé di stasiun televisi Indonesia untuk menciptakan keputusan pembelian yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/731/051508120
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 11:18
Last Modified: 24 Nov 2015 11:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117817
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item