Pengaruh Fashion Involvement dan Kecenderungan Hedonic Consumption dengan Mediator Emosi Positif terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion

Dewi, NoviRiana (2015) Pengaruh Fashion Involvement dan Kecenderungan Hedonic Consumption dengan Mediator Emosi Positif terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Fashion Involvement terhadap Emosi Positif; (2) pengaruh Fashion Involvement terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion; (3) pengaruh Kecenderungan Hedonic Consumption terhadap Emosi Positif; (4) pengaruh Kecenderungan Hedonic Consumption terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion dan (5) pengaruh Emosi Positif terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksplanatori. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 122 orang responden yang merupakan pembeli pakaian di Mal Olympic Garden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) Fashion Involvement berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Emosi positif; (2) Fashion Involvement berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion. Namun, secara tidak langsung Fashion Involvement berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion dengan mediator Emosi Positif; (3) Kecenderungan Hedonic Consumption berpengaruh signifikan terhadap Emosi positif; (4) Kecenderungan Hedonic Consumption berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion,baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui Emosi Positif; (5) Emosi Positif berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif Berorientasi Fashion. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan agar pemilik toko di Mal Olympic Garden lebih inisiatif untuk menyediakan pakaian dengan desain dan model terbaru, serta memperbarui informasi tentang gaya fashion yang terbaru. Pemilik toko sebaiknya juga membuat kesan-kesan baru dan berbeda dengan toko lainnya dengan membuat inovasi baru seperti menentukan tema tertentu di dalam tokonya. Selain itu membuat suasana dalam toko senyaman mungkin. Seperti mengatur tata letak produk, memperdengarkan musik atau pemebenahan desain interior toko agar tercipta kesan yang lebih nyaman dan eksklusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/724/051508096
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 10:52
Last Modified: 24 Nov 2015 10:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117809
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item