Persepsi Wajib Pajak Terkait Kualitas Pelayanan Account Representative (Studi Pada Wajib Pajak Badan di KPP Madya Malang).

Saputra, PradikaWahyu (2015) Persepsi Wajib Pajak Terkait Kualitas Pelayanan Account Representative (Studi Pada Wajib Pajak Badan di KPP Madya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak merupakan organisasi publik yang mengutamakan pelayanan, hal tersebut dimulai dengan melakukan modernisasi sistem perpajakan yang bertujuan agar tercipta Good Governance dan pelayanan prima kepada masyarakat. Struktur organisasi diberi fleksibilitas yang cukup agar selalu menyesuaikan dengan lingkungan eksternal yang sangat dinamis, termasuk perkembangan dunia bisnis dan teknologi. Konsep administrasi perpajakan yang berorientasi pada pelayanan dan pengawasan ditunjukkan dengan posisi yang disebut Account Representative, yang mempunyai tugas antara lain memberikan bantuan konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak, memberitahukan peraturan perpajakan yang baru, dan mengawasi kepatuhan wajib pajak. Tujuannya adalah terwujudnya kepatuhan dari Wajib Pajak, kepercayaan yang tinggi terhadap administrasi perpajakan, dan produktivitas aparat perpajakan yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi Wajib Pajak terkait kualitas pelayanan yang dimiliki Account Representative di KPP Madya Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara, observasi langsung, dan analisis dokumen. Penelitian ini memiliki fokus penelitian (A) Pelayanan dari Account Representative di KPP Madya Malang, (B) Persepsi Wajib Pajak terkait Kualitas Pelayanan yang diberikan oleh Account Representative di KPP Madya Malang di lihat dari 5 dimensi kualitas pelayanan Keandalan (reliability), Daya Tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (emphaty), Bukti Langsung (tangibles). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kualitas pelayanan yang diberikan oleh Account Representative di KPP Madya Malang menurut persepsi Wajib Pajak belum terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut dibuktikan dari hasil wawancara yang didapat dari para informan di KPP Madya Malang. Terdapat kurangnya kompetensi yang dimiliki Account Representativepada KPP Madya Malang, menimbulkan adanya keragu-raguan pada diri Wajib Pajak sehingga Jaminan (Assurance) sebagai dimensi kualitas pelayanan kurang berjalan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/713/051508104
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 09:30
Last Modified: 24 Nov 2015 09:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117799
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item