Strategi Implementasi Program Directly Observed Treatment Short-Course Untuk Menanggulangi Tuberkulosis (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo)

Y, AvandoNoukynova (2015) Strategi Implementasi Program Directly Observed Treatment Short-Course Untuk Menanggulangi Tuberkulosis (Studi Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Implementing strategy of DOTS program is one of the problems solution encountered by the Department of Health Ponorogo. Background this study raised as to prevent and mitigate the impact of TB in the environment of the Ponorogo community. The study aims to determine the strategy used to improve the effectiveness and efficiency in the implementation of the DOTS program. This study uses a descriptive qualitative approach. Source of data used are primary and secondary data. Data analysis methods used in this research is SWOT analysis, includes the strengths, weaknesses, opportunities and threats that exist in the implementation of the program to determine the next program implementation strategy. Implementation of the DOTS program in Ponorogo experienced a positive development, but has not been able to achieve maximum results. There are several factors that occur in the application.

English Abstract

Strategi implementasi program DOTS merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo. Latar belakang penelitian ini diangkat yaitu untuk melihat bagaimana implementasi program DOTS di terapkan sebagai upaya mencegah dan menanggulangi bahaya penyakit tuberkulosis di lingkungan masyarakat Kabupaten Ponorogo. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan dan strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam implementasi program DOTS selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT, yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada dalam implementasi program untuk menentukan strategi implementasi program selanjutnya. Implementasi program DOTS di Kabupaten Ponorogo sudah mengalami perkembangan yang positif, namun belum mampu mencapai hasil yang maksimal. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa faktor penghambat yang terjadi pada penerapannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/71/ 051502042
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Mar 2015 09:34
Last Modified: 12 Mar 2015 09:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117795
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item