Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu

Ananda, PascaRizkiDwi (2015) Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Tarif Pajak, dan Pemahaman Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada UMKM yang Terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia pertumbuhan usaha sektor UMKM dari tahun-ketahun mengalami peningkatan, namun potensi sumbangan penerimaan pajak sektor UMKM masih begitu rendah. Rendahnya tingkat kepatuhan Wajib Pajak sektor UMKM mengakibatkan pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak yang memeliki Peredaran usaha maksimal sebesar Rp 4.800.000.000,- dalam satu tahun pajak. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan Wajib Pajak adalah sosialisasi yang diberikan kepada Wajib Pajak, tingkat tarif yang ditetapkan oleh pemerintah dan pemahaman Wajib Pajak dalam memahami kewajiban perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan pemahaman perpajakan terhadap kepatuhan Wajib Pajak baik itu secara bersama-sama dan parsial, selain itu mengetahui variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Jenis penelitian adalah explanatory research dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang terdaftar sebagai Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu sebanyak 2.107 Wajib Pajak dan sampel 96 orang dengan metode pengambilan sampel secara Non Probability Sampling dengan teknik purposive sampling yang hanya ditentukan pada Wajib Pajak Sektor UMKM dengan omset tidak lebih dari Rp 4.800.000.000,- dalam satu tahun pajak. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas meliputi sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan pemahaman perpajakan, sedangkan variabel terikat adalah kepatuhan Wajib Pajak. Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan pemahaman perpajakan secara bersama-sama berpengaruh siginifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Hasil uji t diketahui bahwa sosialisasi perpajakan, tarif pajak, dan pemahaman secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak dan variabel yang dominan dalam penelitian ini adalah tarif pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/709/051508100
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 09:06
Last Modified: 24 Nov 2015 09:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117794
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item