Efektivitas Kegiatan Ekstensifikasi Perpajakan Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan),

Kurnia, EgaSkriptian (2015) Efektivitas Kegiatan Ekstensifikasi Perpajakan Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran masyarakat yang telah memenuhi syarat subjektif dan objektif dalam mendaftarkan diri sebagai wajib pajak masih rendah. Semakin banyak wajib pajak orang pribadi terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan maka akan meningkatkan penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP) dengan syarat semua wajib pajak orang pribadi terdaftar melakukan kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan. Atas dasar itulah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengukur efektivitas kegiatan ekstensifikasi dalam meningkatkan penerimaan PPh OP. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa rencana dan realisasi jumlah wajib pajak orang pribadi baru, jumlah wajib pajak orang pribadi terdaftar, dan penerimaan PPh OP tahun 2011 hingga tahun 2014. Analisis yang dilakukan adalah analisis kegiatan ekstensifikasi perpajakan, analisis jumlah wajib pajak orang pribadi, analisis pertumbuhan realisasi penerimaan PPh OP, analisis efektivitas kegiatan ekstensifikasi perpajakan di KPP Pratama Malang Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstensifikasi mampu meningkatkan jumlah wajib pajak orang pribadi dari tahun 2011 hingga tahun 2014 mencapai 90.234 wajib pajak orang pribadi. Meningkatnya jumlah wajib pajak orang pribadi terdaftar diikuti dengan meningkatnya realisasi penerimaan PPh OP Terdaftar, namun tahun 2014 realisasi penerimaan PPh OP Terdaftar mengalami penurunan dikarenakan berlakunya PP Nomor 46 tahun 2013 menyebabkan realisasi penerimaan PPh OP dialihkan ke penerimaan PPh bersifat final. Kegiatan ekstensifikasi yang dilakukan KPP Pratama Malang Selatan dikatakan masih kurang efektif. Pada tahun 2014 kegiatan ekstensifikasi perpajakan di KPP Pratama Malang Selatan cukup efektif dengan melalui Surat Imbauan. Guna meningkatkan penerimaan PPh OP tahun sebelumnya, KPP Pratama Malang Selatan berusaha menggali wajib pajak orang pribadi baru yang potensial, dan memberikan edukasi dan pengawasan kepada wajib pajak orang pribadi terdaftar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/707/051508098
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Nov 2015 08:48
Last Modified: 24 Nov 2015 08:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117792
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item