Inovasi Pemerintah Kota Dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Untuk Mendukung Pengembangan Kota Surabaya Yang Berbasis Ramah Lingkungan

Ramadhan, EricksaRivqie (2015) Inovasi Pemerintah Kota Dalam Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau Untuk Mendukung Pengembangan Kota Surabaya Yang Berbasis Ramah Lingkungan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ruang Terbuka Hijau Kota adalah bagian kota yang tidak terbangun dan ditumbuhi oleh tanaman – tanaman yang berfungsi menunjang keamanan, kesejahteraan, peningkatan kualitas lingkungan, dan pelestarian alam. Ada dua jenis ruang terbuka hijau, ruang terbuka hijau publik, dan ruang terbuka hijau privat, dimana proporsinya adalah 20% untuk ruang terbuka hijau publik, dan 10% untuk ruang terbuka hijau privat. Meningkatnya laju pembangunan di Kota Surabaya menimbulkan potensi penyusutan jumlah ruang terbuka hijau. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut maka Pemerintah Kota Surabaya harus memiliki inovasi dan kreativitas dalam hal pengelolaan ruang terbuka hijau yang diharapkan bisa menjaga keberadaan ruang terbuka hijau di Kota Surabaya Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk inovasi pengelolaan ruang terbuka hijau, aktor – aktor yang terlibat di dalamnya, keberhasilan, serta faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan ruang terbuka hijau yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan instumen penelitian terdiri dari peneliti sendiri, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi, penyajian dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini meyatakan bahwa Pemerintah Kota Surabaya telah membuat dan melaksanakan berbagai program inovatif dalam pengelolaan ruang terbuka hijau seperti, Surabaya Green and Clean , Satu Jiwa Satu Pohon, penyuluhan pada masyarakat dengan cara yang variatif, merangkul dunia usaha (swasta) untuk ikut terlibat dalam pengelolaan ruang terbuka hijau. Adapun saran yang disampaikan adalah, agar Dinas Kebersiahan Pertamanan Kota Surabaya terus mengajak pihak swasta untuk ikut aktif dalam pengelolaan ruang terbuka hijau, mensosialisasikan dan mengkampayekan lebih giat lagi tentang pentingnya ruang terbuka hijau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/692/051507440
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 11:59
Last Modified: 08 Mar 2022 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117775
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item