Implementasi Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang)”,

Puri, DjanthiKumala (2015) Implementasi Strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam Peningkatan Pelayanan Pendistribusian Air (Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang)”,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui implementasi strategi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang dalam peningkatan pelayanan pendistribusian air di Kota Malang dan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang dalam peningkatan pelayanan pendistribusian air di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Sedangkan situs penelitian terletak di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang. Fokus dalam penelitian ini yaitu Rumusan, implementasi, capaian, hasil, daya dukung pelaksanaan strategi serta hambatannya dalam peningkatan pelayanan pendistribusian air di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan daerah air minum (PDAM) Kota Malang membutuhkan suatu strategi yang mendukung terlaksananya pendistribusian air yang berkontinuitas selama 24 jam untuk pelanggannya. Selanjutnya demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang daya konsumsi airnya semakin besar maka sebuah strategi dibentuk oleh Pemerintah Kota Malang dan para petinggi PDAM Kota Malang yang tertuang dalam PERWAL 7 Tahun 2014 tentang RISPAM (Rencana Induk Sistem Pengadaan Air Minum). Implementasinya PDAM Kota Malang menambah reservoir di area-area yang konsumsi airnya besar, penambahan alat (Logger) yang tersebar di area-area tertentu dsb. Capaian yang dihasilkan yaitu PDAM Kota Malang telah memiliki reservoir sebanyak 19 buah dan jumlahnya akan terus bertambah setiap tahunnya, Logger sudah terpasang lebih dari 70 alat di seluruh Malang raya dsb. Hasil yang didapat PDAM Kota Malang dalam menjalankan strateginya tersebut adalah sebagian besar daerah dalam cakupan area pelayanan PDAM Kota Malang sudah terpenuhi kebutuhan airnya selama 24 jam, dengan adanya Logger yang terpasang maka sebelum pelanggan mengajukan pengaduan pihak PDAM Kota Malang sudah mengetahuinya terlebih dahulu dan dengan begitu pengaduan yang mengada-ada akan dapat segera diketahui. Hambatan dalam melaksanakan strategi peningkatan pelayanan pendistribusian air ini terletak pada sumber dana yang masih terbatas, adanya intervensi antar pemerintah daerah, sistem teknologi yang masih membutuhkan upgrade dan pelanggan yang kurang proaktif. Saran dalam penelitian ini adalah diperlukannya langkah preventif untuk mengantisipasi pelanggan yang kurang proaktif seperti mengadakan sosialisasi langsung ke masyarakat, dalam upaya penyampaian informasi antar bagian sebaiknya sistem teknologi lebih ditingkatkan juga dibutuhkan teknisi yang handal untuk memperbaiki trouble pada jaringan atau koneksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/690/051507438
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2015 11:20
Last Modified: 08 Oct 2015 11:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117773
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item