Analisis Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Profitabilitas Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Jawa Timur Periode 2012-2014)

ElinaDewiRachmatika (2015) Analisis Efektivitas Pengelolaan Modal Kerja Dalam Rangka Meningkatkan Profitabilitas Koperasi (Studi Kasus pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Jawa Timur Periode 2012-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan utama koperasi adalah mensejahterakan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dalam mencapai keberhasilan koperasi dengan meningkatkan profitabilitas koperasi, diperlukan adanya penetapan modal kerja yang efektif sehingga menghasilkan laba yang optimal. Pengelolaan modal kerja yang kurang tepat akan berdampak pada profitabilitas koperasi yang mengakibatkan kerugian bagi koperasi. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan modal kerja pada Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Jawa Timur dan bagaimana efektivitas pengelolaan modal kerja dalam rangka meningkatkan profitabilitas koperasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian ini dilakukan di Koperasi Wanita Serba Usaha “Setia Budi Wanita” Jawa Timur yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No.76 Malang, dengan mengambil data sekunder dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal kerja yang dimiliki koperasi dalam tiga tahun terakhir yaitu tahun 2012, 2013, dan 2014 mengalami kenaikan modal kerja, yang mana terlihat dari laporan perubahan modal kerja dan laporan sumber dan penggunaan modal kerja. Perhitungan pada rasio profitabilitas menunjukkan penurunan selama tiga tahun berturut-turut dalam periode 2012-2014 Perhitungan pada rasio likuiditas menunjukkan Net Working Capital, Current Ratio, Quick Ratio, Cash Ratio mengalami fluktuatif. Perhitungan pada rasio aktivitas juga mengalami fluktuatif, akan tetapi pada rasio perputaran piutang menunjukkan perputaran piutangnya masih sangat rendah.. Berdasarkan proyeksi perhitungan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa rasio keuangan perusahaan secara keseluruhan mengalami peningkatan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan koperasi hendaknya memanfaatkan jumlah aktiva lancar yang tinggi dengan mengalihkan ke dalam aktiva yang lebih produktif, sehingga tidak ada dana yang menganggur dan mampu meningkatkan laba koperasi. Pengumpulan piutang koperasi hendaknya lebih aktif dan koperasi sebaiknya menetapkan kebijakan dalam mengumpulkan piutang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/685/051507433
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 10:29
Last Modified: 07 Oct 2015 10:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117767
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item