NitaRatnaSari (2015) Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim II/Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini berjudul: Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention yang dilakukan pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim II/Malang. Penelitian ini dilatar belakangi kepuasan kerja berperan penting untuk menarik dan mempertahankan karyawan yang berkualitas. Kepuasan kerja yang terjaga dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Jelas bahwa kepuasan kerja memiliki peran yang sangat penting untuk mempertahankan karyawan dan menghindari terjadinya turnover intention. Turnover intention yang terjadi di perusahaan dapat menjadi penghambat dalam pencapaian tujuan perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu merupakan penelitian penjelasan atau explanatory research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim II/Malang dengan jumlah sampel penelitian yaitu sebanyak 41 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Kepuasan pada Pembayaran, Kepuasan pada Pekerjaan, Kepuasan pada Rekan Kerja, Kepuasan pada Promosi, dan Kepuasan pada Penyelia berpengaruh simultan dan parsial terhadap Turnover Intention karyawan AJB Bumiputera 1912 Kantor Wilayah Jatim II/Malang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa apabila semakin tinggi kepuasan kerja yang meliputi Kepuasan pada Pembayaran, Kepuasan pada Pekerjaan, Kepuasan pada Rekan Kerja, Kepuasan pada Promosi, dan Kepuasan pada Penyelia maka Turnover Intention akan mengalami penurunan. Namun demikian apabila semakin rendah kepuasan kerja yang meliputi Kepuasan pada Pembayaran, Kepuasan pada Pekerjaan, Kepuasan pada Rekan Kerja, Kepuasan pada Promosi, dan Kepuasan pada Penyelia maka Turnover Intention akan mengalami peningkatan. Berdasarkan kesimpulan dari hasil analisis data yang dilakukan maka diajukan beberapa saran diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap kepuasan pada promosi. Perusahaan harus melaksanakan program promosi jabatan yang tepat sesuai dengan kompetensi dan prestasi kerja karyawan. Kebijakan promosi yang adil dan transparan terhadap semua karyawan dapat memberi dampak pada mereka yang memperoleh kesempatan dipromosikan seperti perasaan senang, bahagia dan memperoleh kepuasan atas kerjanya yang akan menurunkan turnover intention.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/682/051507430 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 07 Oct 2015 10:42 |
Last Modified: | 07 Oct 2015 10:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117766 |
Actions (login required)
View Item |