Pemberdayaan Agroindustri Pangan Olahan Skala Kecil dan Menengah di Kecamatan Bumiaji (Studi Pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu)

SugiartiAnggaMR (2015) Pemberdayaan Agroindustri Pangan Olahan Skala Kecil dan Menengah di Kecamatan Bumiaji (Studi Pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu upaya pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal yakni agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah adalah melalui pemberdayaan. Pemberdayaan agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu penting dilakukan untuk menumbuhkembangkan usaha yang sehat, tangguh dan mampu berdaya saing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemberdayaan agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah di Kecamatan Bumiaji. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu merupakan pihak yang terlibat secara langsung dalam pemberdayaan agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu dilakukan melalui beberapa program, diantaranya (1) penumbuhan iklim usaha yakni sosialisasi dan fasilitasi akses permodalan; (2) penguatan daya yakni peningkatan kapasitas SDM, pengembangan pemasaran, bantuan teknologi produksi dan (3) perlindungan usaha. Namun, peran Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu kurang efektif dalam menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah di Kecamatan Bumiaji. Dapat dilihat dari langkah pemberdayaan yang masih belum menyentuh seluruh agroindustri pangan olahan skala kecil dan menengah. Hal ini disebabkan oleh rendahnya kapasitas SDM industri, ketergantungan pada pemerintah dan juga terbatasnya dana yang dimiliki oleh dinas. Rekomendasi yang ditawarkan adalah informasi mengenai sumber permodalan, jadwal pelatihan, peluang pasar, dan macam-macam perlindungan sebaiknya disosialisasikan pada setiap pertemuan atau disebarkan melalui media online, media cetak, ataupun pengumuman di kantor desa; untuk bantuan teknologi, harus ada indikator industri mana yang lebih diprioritaskan; dan untuk keterbatasan dana yang dialami dinas, dapat dilakukan kerjasama dengan pihak swasta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/681/051507429
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 10:47
Last Modified: 07 Oct 2015 10:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117765
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item