Analisis Dampak Implementasi Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi Kasus Tentang Pajak Reklame Rokok Pada Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan Dan Aset Da

MuchamadAfifFelani (2015) Analisis Dampak Implementasi Peraturan Pemerintah No. 109 Tahun 2012 Terhadap Penerimaan Pajak Reklame (Studi Kasus Tentang Pajak Reklame Rokok Pada Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan Dan Aset Da. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan UU No. 22 tahun 1999 yang diperbaharui dengan UU No. 32 tahun 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah membuat daerah memiliki hak, wewenang dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat. Salah satu jenis pajak daerah yang dipungut oleh daerah untuk memenuhi kebutuhan daerah adalah Pajak Reklame. Terbitnya PP 109 tahun 2012 perubahan dari pp 81 tahun 1999, Tentang Pengamanan Bahan Yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. PP tersebut didalamnya mengatur mengenai izin dan pembatasan tata letak pemasangan reklame. Sehingga penting untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan PP tersebut. Implementasi kebijakan merupakan tindakan yang dilakukan pemerintah maupun swasta, baik secara individu maupun kelompok dengan maksud untuk mencapai tujuan dalam kebijakan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Fokus penelitian yang dilakukan adalah mekanisme pemungutan Pajak Reklame, efektivitas Pajak Reklame tahun 2010-2014, laju pertumbuhan Pajak Reklame tahun 2010-2014, kontribusi Pajak Reklame tahun 2011-2014, gambaran target dan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2010-2013, perbandingan reklame rokok dengan penerimaan Pajak Reklame tahun 2011-2014, kendala dan upaya DPPKAD dalam implementasi PP 109 tahun 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan PAD Kabupaten Situbondo yang cukup besar selama periode tahun 2010-2014 diikuti dengan meningkatnya penerimaan Pajak Reklame Kabupaten Situbondo, namun peningkatan tersebut tidak dibarengi dengan meningkatnya tingkat efektivitas dan tingkat kontribusi Pajak Reklame terhadap Pajak Daerah dan PAD yang masih rendah atau kurang. Impelementasi PP 109 tahun 2012 hanya berdampak pada menurunnya reklame rokok selama periode tahun 2011-2014, sedangkan untuk penerimaan Pajak Reklame dari sektor reklame rokok semakin meningkat selama periode tahun 2011-2014. Sehingga kenaikan penerimaan Pajak Reklame rokok memberi dampak pada meningkatnya realisasi penerimaan Pajak Reklame, sedangkan untuk efektivitas dan kontribusi Pajak Reklame terhadap Pajak Daerah dan PAD masih tergolong rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi PP 109 tahun 2012 tidak berdampak besar pada penerimaan Pajak Daerah dan PAD. Berdasarkan hal itu DPPKAD Kabupaten Situbondo harus lebih kerja keras lagi untuk dapat mengoptimalkan penerimaan Pajak dari sektor reklame yang berpotensi lebih besar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/678/051507426
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 11:19
Last Modified: 07 Oct 2015 11:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117761
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item