Pengaruh Produksi Kakao Domestik, Harga Kakao Internasional, dan Nilai Tukar Terhadap Ekpor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat (Studi pada Ekspor Kakao Periode Tahun 2010-2013)

RatnaPuspita (2015) Pengaruh Produksi Kakao Domestik, Harga Kakao Internasional, dan Nilai Tukar Terhadap Ekpor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat (Studi pada Ekspor Kakao Periode Tahun 2010-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan industri kakao Indonesia serta faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor kakao Indonesia. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Produksi Kakao Domestik (X1), Harga Kakao Internasional (X2), dan Nilai Tukar (X3) dengan variabel terikat yaitu Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory, dengan pendekatan kuantitatif. Data penelitian ini adalah ekspor kakao di Indonesia periode tahun 2010-2014. Data yang digunakan diperoleh dari website resmi Badan Pusat Statistik Indonesia, Kementerian Perdagangan Indonesia, dan Bank Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik regresi linear berganda. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,381 yang berarti bahwa variabel bebas Produksi Kakao Domestik, Harga Kakao Internasional, Nilai Tukar mempengaruhi 38,1% variabel terikat Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat dan sisanya sebesar 48,5% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji simultan (uji F), menunjukkan bahwa Produksi Kakao Domestik, Harga Kakao Internasional, Nilai Tukar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat. Sedangkan hasil uji parsial (uji t), menunjukkan bahwa variabel Produksi Kakao Domestik dan Harga Kakao Internasional berpengaruh signifikan terhadap Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat. Sebaliknya, variabel Nilai Tukar menunjukkan tidak berpengaruh signifikan terhadap Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada eksportir kakao baik perusahaan swasta maupun milik pemerintah untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan mutu dan dari Produksi Kakao Domestik, karena variabel Produksi Kakao Domestik mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Ekspor Kakao Indonesia ke Amerika Serikat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/674/051507422
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Oct 2015 15:13
Last Modified: 08 Oct 2015 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117757
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item