Efektivitas Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Tlangoh (StudipadaDinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan).

Novitri, NabilaRiza (2015) Efektivitas Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Pesisir Tlangoh (StudipadaDinas Kelautan dan Perikanan Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya masalah kelembagaan, permodalan, regulasi dan tataniaga yang rendah dan belum dibantu oleh pemerintah dikalangan para petambak garam rakyat sehingga menimbulkan lemahnya posisi petambak garam, sulitnya akses permodalan, usaha garam tidak prospektif dan marketable, tidak adanya standar kualitas dan harga dasar garam rakyat. Tujuan dari penulis ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas PUGAR dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir Tlangoh, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program PUGAR yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan lokasi dan situs penelitian Tlangoh Kecamatan Tanjung Bumi serta Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan. Sumber data diambil dari wawancara langsung dan diambil dari dokumen atau arsip yang berkaitan dengan peneliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas PUGAR dalam meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir tlangoh yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan melalui tiga indikator yaitu pembentukan sentra produksi garam, pemberdayaan dan peningkatan kemampuan petambak garam rakyat dalam kelompok usaha garam rakyat, dan peningkatan akses terhadap permodalan, pemasaran, informasi serta ilmu pengetahuan dan teknologi bagi petambak garam rakyat telah berjalan efektif. Saran atas pemberdayaan dan peningkatan kemampuan petambak garam rakyat dalam kelompok usaha garam rakyat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir tlangoh kecamatan TanjungBumi agar lebih dioptimalkan melalui sosialisasi, pendampingan dan kontrol di sentra produksi garam, membentuk organisasi usaha petani garam, dibangunnya pabrik garam, dan pelatihan petani garam untuk meningkatkan kemampuan dalam produksi garam dan IPTEK yang berhubungan dengan peningkatan kualitas dan kuantitas produksi garam.

English Abstract

Institutional problems, capital, regulatory and business administration are low and have not been helped by the government among the salt farmers, made weak position of salt farmer, the difficulty of access to capital, salt business did not prospective and marketable, did not have lack of basic standards of quality and price of salt. The purpose of this paper is to investigate, describe and analyze the Effectiveness of PUGAR to increase economic of Tlangoh coastal society, the supporting and inhibiting factors the implementation of PUGAR program conducted by Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan. The research method in this research is descriptive qualitative with approach the location and the site of research is Tlangoh Tanjung Bumi district and the Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangkalan. Sources of date taken from interviews and documents or records relating to this research. The results showed that effectiveness of PUGAR to increase economic of Tlangoh conducted by the Dinas Kelautan dan Perikanan through three indicators: the formation of the salt production center, empowerment and improvement of salt farmers ability in the salt business group, and improved acces of the capital, marketing, information and science technology for the salt farmers was effectived. Suggestions on empowerment and improvement of salt farmers ability in the salt business group of to improve the economy of coastal communities in Tlangoh Tanjung Bumi district to be more optimized through socialization, guidance and control in salt production center, forming an organization of saltfarmer, construct the salt factory, and training of salt farmers to enchance science and technology ability in the production of salt and associated with increase quality and quantity of salt production.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/67/051501978
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2015 10:21
Last Modified: 27 Mar 2015 10:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117752
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item