Analisis Return On Investment (ROI) dan Residual Income (RI) Guna Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Pendekatan Du Pont System (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang terdaftar di B

NuriyannaRosmawati (2015) Analisis Return On Investment (ROI) dan Residual Income (RI) Guna Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Pendekatan Du Pont System (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang terdaftar di B. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis pelayanan jasa yang semakin tajam khususnya pada sektor komunikasi mendorong perusahaan untuk memandang jauh ke depan. Setiap perusahaan dituntut untuk terus bersaing dan memajukan kinerja keuanga perusahaan, dengan demikian dapat diketahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan sehingga memudahkan untuk pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan diukur dengan menggunakan Return on Investment (ROI) dan Residual Income (RI) dengan pendekatan du pont system. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif serta pendekatan studi kasus dimana obyek penelitiannya pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang terdaftar di galeri BEI. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan periode 2010 s/d 2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah sekunder dengan teknik pengambilan data berupa dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis rasio keuangan dan analisis perbandingan laporan keuangan. Return on Investment adalah salah satu dari rasio profitabilitas yang mampu mengukur perusahaan secara keseluruhan dalam menghasilkan keuntungan dengan keseluruhan aktiva yang tersedia. Alternative lain untuk menilai kinerja keuangan perusahaan adalah dengan Residual Income. Penggunaan kedua analisis tersebut diharapkan dapat saling memperkuat dan melengkapi sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kondisi keuangan perusahaan fluktuatif. Nilai ROI positif namun dengan kondisi yang fluktuatif. Setelah ROI pada tahun 2012 berhasil meningkat sebesar 9,61% dari tahun sebelumnya, pada tahun 2013 ROI turun sebesar 3,17%, di tahun 2014 menurun lagi sebesar 6,8%. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan kurang efisien dalam memanfaatkan aktiva yang dimiliki. Hasil analisis RI kondisinya cukup baik dimana nilainya selalu positif dengan pertumbuhan fluktuatif. Perusahaan perlu lebih efisien dan efektif lagi dalam memanfaatkan aktiva perusahaan, serta perusahaan diharapkan mampu mempertahankan dan meningkatkan nilai RI sehingga perusahaan dapat terus merealisasikan tingkat pengembalian yang diharapkan pemegang saham dan investornya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/639/051507362
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 12 Oct 2015 14:01
Last Modified: 12 Oct 2015 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117716
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item