Analisis Fundamental untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Keputusan Investasi dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) (Studi pada Perusahaan Sektor Semen dan Sektor Properti dan Real Estate

AlfanHudanDardiri (2015) Analisis Fundamental untuk Menilai Kewajaran Harga Saham dan Keputusan Investasi dengan Pendekatan Price Earning Ratio (PER) (Studi pada Perusahaan Sektor Semen dan Sektor Properti dan Real Estate. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investasi merupakan kegiatan penanaman modal pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh return di masa yang akan datang. Salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan dan menarik namun berisiko adalah investasi saham. Saham dapat memberikan return kepada investor berupa dividen yaitu pembagian laba untuk pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dipunyai serta capital gain yaitu keuntungan yang di dapat dari kenaikan nilai harga saham. Saham sering dikenal sebagai surat berharga yang bersifat high risk high return. Berinvestasi saham diperlukan analisis untuk menilai harga intrinsiknya, salah satu metode yang dapat dilakukan dengan analisis fundamental. Analisis Fundamental adalah analisis yang mencoba memperkirakan harga saham di masa yang akan datang dengan cara mengestimasikan nilai faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi harga saham di masa akan datang. Faktor-faktor itu diantaranya ROE, EPS, DPS, DPR, dan PER. Sehingga terlihat apakah nilai intrinsik saham tersebut lebih kecil dari nilai pasar dan di anggap mahal (overvalued), nilai intrinsik lebih besar dari nilai pasar berarti dinilai murah (undervalued) atau nilai intrinsik sama dengan nilai pasar maka dinilai wajar (correctly valued). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kewajaran harga dan mengetahui perusahaan mana yang paling menguntungkan dan tepat untuk keputusan investasi dengan pendekatan PER. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini menggunakan perusahaan semen dan perusahaan properti & real estate yang listing di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan kriteria-kriteria yang ditentukan maka ada 11 perusahaan yang dijadikan sampel diantaranya PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk., PT. Holcim Indonesia Tbk., PT. Semen Indonesia Tbk., PT. Ciputra Development Tbk., PT. Metropolitan Land Tbk., PT. Pakuwon Jati Tbk., PT. Summarecon Agung Tbk., PT. Wijaya karya (Persero) Tbk., PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk., PT. Adhi Karya (Persero) Tbk., PT. Surya Semesta Internusa Tbk. Hasil Penelitian ini menunjukkan hanya PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan PT. Holcim Indonesia Tbk. yang harga sahamnya berada pada kondisi undervalued, keputusan yang dapat diambil adalah membeli atau menahan saham vii tersebut. 9 Perusahaan lainnya berada pada kondisi overvalued keputusan yang dapat diambil adalah menjual atau menahan saham tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/635/051507358
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 09 Oct 2015 15:20
Last Modified: 09 Oct 2015 15:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117712
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item