UswatunKhasanah (2015) Pengendalian Manajemen Pemberian Kredit Modal Kerja Dalam Upaya Meminimalkan Kredit Bermasalah (Studi Pada PT. Bank Jatim Cabang Malang Periode 2012-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perbankan mempunyai peran yang sangat penting terhadap perekonomian nasional dan mengatur kelancaran aliran uang yang sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan perluasan ekonomi. Peran perbankan dalam pembangunan ekonomi adalah mengalirkan dana dalam bentuk kredit bagi masyarakat atau badan usaha. Salah satu kredit yang diberikan bank dalam rangka membantu pendanaan masyarakat atau badan usaha adalah kredit modal kerja. Akan tetapi peranan bank sebagai lembaga keuangan tidak terlepas dari masalah kredit bermasalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengendalian manajemen pemberian kredit modal kerja dan pelaksanaan pemberian kredit modal kerja pada PT. Bank Jatim Cabang Malang dalam upaya meminimalan terjadinya kredit bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini difokuskan pada:1) Pengendalian pemberian kredit modal kerja saat proses permohonan kredit, analisis kredit, penarikan kredit dan monitoring/pengawasan kredit. 2) Manajemen pengendalian kredit modal kerja sebagai upaya meminimalkan kredit bermasalah berdasarkan kredit yang disalurkan oleh PT. Bank Jatim Cabang Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian menajemen pemberian kredit modal kerja sudah cukup baik, namun di samping itu masih terdapat kelemahan yang akan mengakibatkan terjadinya kredit bermasalah. Terdapat beberapa kelemahan dalam proses pemberian kredit yaitu adanya perangkapan tugas dalam analisis kredit. Permeriksaan surprise audit atau pemeriksaan dadakan masih rutin dilakukan minimal satu kali dalam 1 (satu) tahun sekali. PT. Bank Jatim Cabang Malang sebaiknya terdapat pembagian tugas antara penilaian jaminan/agunan dengan penilaian analisis kredit untuk menghindari terjadinya tugas yang bersifat ganda. Kegiatan pemeriksaan surprise audit minimal 2 kali dalam 1 tahun. Supaya profesionalitas kinerja karyawan pada setiap bagiannya tetap terjaga.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/620/051507402 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 09 Oct 2015 10:11 |
Last Modified: | 09 Oct 2015 10:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117695 |
Actions (login required)
View Item |