Perencanaan dan Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang Partisipatif (Studi pada Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

DewiUlfaFatmawati (2015) Perencanaan dan Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) yang Partisipatif (Studi pada Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang adalah salah satu desa yang melaksanakan program Alokasi Dana Desa (ADD) sebagai stimulus anggaran dalam upaya penguatan ekonomi menuju kemandirian desa. Desa ini berbatasan langsung dengan wilayah kota Malang sehingga memiliki fenomena kehidupan desa yang masih terkooptasi dengan budaya kota yang biasanya cenderung kurang partisipatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan dan pengelolaan ADD yang partisipatif, serta untuk mengetahui dan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini antara lain perencanaan, penganggaran, pencaiaran, penggunaan, pelaporan dan pertanggung jawaban ADD, serta faktor pendukung dan penghambat dalam perencanaan dan pengelolaan ADD. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan melakukan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil dari penelitian ini yaitu pengelolaan ADD tahun 2014 yang dilaksanakan di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang sudah partisipatif dalam proses perencanaan. Tahap penganggaran dan pencairan juga sudah sesuai prosedur. Namun kurang partisipatif dalam proses penggunaan, serta kurang transparan pada pelaporan dan pertanggung jawaban. Saran dalam penelitian ini adalah pemerintah desa perlu meningkatkan sumber daya aparatur desa dalam mengelola ADD seperti mengadakan pelatihan yang dapat melatih untuk berkoordinasi yang baik, mengembangkan potensi yang ada di desa, serta dapat menyatu dengan kegiatan masyarakat dan memberikan keterbukaan mengenai pengelolaan keuangan desa seperti mempublikasikannya ke dalam website desa, supaya masyarakat dapat mempercayai kinerja pemerintah dan dapat menciptakan hubungan dengan baik dengan semua lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/604/051507350
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 12 Oct 2015 10:42
Last Modified: 12 Oct 2015 10:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117677
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item