Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel Sebagai Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Penerimaan Pajak Hotel di Kota Batu)

IrmaAfrinaMasniariHutagaol (2015) Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Hotel Sebagai Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (Studi Pada Penerimaan Pajak Hotel di Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan pendapatan daerah yang berasal dari potensi daerah yang menjadi hak pemerintah daerah yang dipungut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah adalah dari pajak daerah. Pajak daerah memiliki beberapa jenis yang diberlakukan oleh pemerintah daerah. Potensi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah bagi pemerintah Kota Batu salah satunya yaitu pajak hotel. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persentase pajak hotel, kontribusi pajak hotel, efektiftas pajak hotel, serta laju pertumbuhan pajak hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah. Peneliti berharap dapat memberikan manfaat bagi pemerintah Kota Batu khususnya Dinas Pendapatan Kota Batu. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan peneliti berupa data kuantitatif yang berasal dari menganalisis target dan realisasi laporan keuangan Pendapatan Asli Daerah, menganalisis pajak daerah, menghitung dan menyusun tabel analisis efektifitas dan kontribusi pajak daerah Kota Batu tahun anggaran 2010-2014. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kontribusi yang dihasilkan dengan rata-rata persentase terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah adalah sebesar 11,42%. Kontribusi yang dihasilkan dari rata-rata tersebut tergolong pada rasio 10,00-20,00 masuk dalam kriteria kurang. (2) Efektifitas penerimaan pajak hotel setiap tahunnya dari tahun 2010-2014 terhadap PAD selalu mengalami peningkatan dan mencapai kategori sangat efektif. (3) Laju pertumbuhan penerimaan pajak hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah 5 (lima) tahun berturut-turut yaitu dari tahun 2010-2014 mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Saran yang direkomendasikan, target penerimaan pajak daerah harus lebih dioptimalkan dan setiap tahunnya meningkat agar pemerintah daerah melaksanakan otonomi daerah yang tidak tergantung pada pemerintah pusat. Meningkatkan kerjasama dengan dinas yang terkait lainnya, meningkatkan pengawasan bagi wajib pajak hotel, dan pemerintah daerah memberikan fasilitas-fasilitas yang mendukung kinerja Dinas Pendapatan Kota Batu dan meningkatkan program intensifikasi dan ekstensifikasi pajak daerah Kota Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/583/051507329
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:51
Last Modified: 18 Jan 2024 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117652
[thumbnail of IRMA AFRINA MASNIARI HUTAGAOL.pdf] Text
IRMA AFRINA MASNIARI HUTAGAOL.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item