Evaluasi Implementasi Kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Jasa Outsourcing (Studi Kasus : PT. Bersama Selaras, Kabupaten Malang, Jawa Timur)

AmelyaMargaretha (2015) Evaluasi Implementasi Kebijakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Jasa Outsourcing (Studi Kasus : PT. Bersama Selaras, Kabupaten Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Outsourcingmerupakan kegiatan pengalihan kegiatan pekerjaan kepada pihak ketiga yang bertujuan untuk mendapatkan hasil kinerja yang profesional. Outsourcing merupakan subjek PPN dengan nilai lain atau penggantian sebagai Dasar Pengenaan Pajaknya (DPP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing di PT. Bersama Selaras dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan untuk penelitian ini berasal dari hasil wawancara dan data dokumentasi yang diperoleh dari PT. Bersama Selaras. Hasil penelitian ini yaitu bahwa DPP yang digunakan PT. Bersama Selaras dalam implementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing adalah DPP penggantian. Implementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing di PT. Bersama Selaras didukung oleh faktor komunikasi yang transmisi, jelas, dan konsisten. Kemudian didukung juga oleh ketersediaan sumber informasi dan fasilitas yang memadai, yang terakhir didukung oleh kecenderungan-kecenderungan atau sikap PT. Bersama Selaras yang menerima, mematuhi, dan tidak menentang kebijakan yang berlaku. Implementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing di PT. Bersama Selaras juga memiliki faktor penghambat, yaitu adanya keterlambatan pembayaran yang dilakukan user sehingga akan berdampak pada pembayaran PPN atas jasa outsourcing. Saran yang dapat menjadi masukan bagi PT. Bersama Selaras dalam impelementasi kebijakan PPN atas jasa outsourcing yaitu sebaiknya PT. Bersama Selaras dalam menawarkan jasa outsourcing untuk cleaning service dan pertamanan selain menawarkan dengan model sistem perjajian pemborongan pekerjaan, juga menawarkan sistem perjanjian penyediaan jasa pekerja/buruh. Pada jasa outsourcing untuk tenaga kerja produksi sebaiknya menggunakan DPP nilai lain agar dapat memungut PPN terutang ke user dengan nominal yang rendah. Sebaiknya PT. Bersama Selaras memastikan terlebih dahulu bahwa user yang bekerja sama memiliki sikap yang patuh dan tepat waktu dalam melakukan pembayaran atas tagihan, sehingga tidak menimbulkan keterlambatan pembayaran pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/582/051507328
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 08 Oct 2015 12:46
Last Modified: 08 Oct 2015 12:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117651
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item