Efektivitas Pendapatan Pajak Daerah (Studi Kasus Pajak Hotel dan Pajak Restoran Kota Malang),

Witantra, ElsaErma (2015) Efektivitas Pendapatan Pajak Daerah (Studi Kasus Pajak Hotel dan Pajak Restoran Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Landasan penelitian ini berawal dari meningkatnya jumlah wajib pajak hotel dan pajak restoran hingga tahun 2014, sehingga dapat mempengaruhi jumlah pendapatan pajak yang diperoleh dan kontribusi yang diberikan. Efektivitas merupakan salah satu cara untuk mengukur hasil pendapatan pajak. Kriteria efektivitas akan menunjukkan tingkat keberhasilan pelaksanaan pemungutan pajak di Kota Malang. mengingat bahwa jumlah wajib pajak hotel dan pajak restoran yang dimiliki Kota Malang cukup banyak sehingga diperlukan perhitungan efektivitas agar dapat mengoptimalkan pendapatan pajak serta kontribusi dari pajak hotel dan pajak restoran. Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitas pajak hotel dan pajak restoran di Kota Malang, seberapa besar kontribusi yang diberikan pajak hotel dan pajak restoran di Kota Malang terhadap pajak daerah dan Pendapatan Asli Daerah serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi kendala dan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Pendapatan Daerah untuk mengoptimalkan pendapatan pajak hotel dan pajak restoran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perhitungan tingkat efektivitas yang digunakan menunjukkan bahwa efektivitas pendapatan pajak hotel dan pajak restoran di Kota Malang berada pada kriteria sangat efektif karena jumlah realisasi pendapatan yang diperoleh selalu mampu melebihi target yang ditetapkan, namun berdasarkan perhitungan kontibusi yang dilakukan dapat diketahui bahwa kontribusi dari sektor pajak hotel dan pajak restoran masih tergolong dalam kriteria sangat kurang. Kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dalam melaksanakan pemungutan pajak antara lain : masih kurangnya pengetahuan masyarakat dalam melakukan kewajiban perpajakan secara self assessment, kurangnya kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan din sebagai wajib pajak, membayar sesuai dengan yang seharusnya, serta kurangnya kualitas Sumber Daya Manusia dari Dinas Pendapatan Daerah dalam melakukan sosialisasi. Untuk menghadapi kendala yang terjadi Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara terjun ke lapangan untuk melakukan pendataan wajib pajak barn serta melakukan sosialisasi perpajakan, melakukan operasi gabungan untuk wajib pajak yang tidak mau membayar, melakukan kerjasama dengan pihak lain, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia serta sarana dan prasarana. Berdasarkan hal tersebut maka Dinas Pendapatan Daerah dapat bekerjasama dengan pihak lain untuk melakukan pendataan wajib pajak bare secara rutin serta melakukan perhitungan potensi pajak hotel dan pajak restoran secara berkala untuk menentukan targetnya sehingga pendapatan pajak dapat lebih optimal. Kata Kunci : Efektivitas, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/577/051507323
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2015 10:10
Last Modified: 09 Oct 2015 10:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117645
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item