Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Penelitian Wajib Pajak Orang Pribadi pada Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi Brawijaya Malang)

ApriliaNailulMahmudah (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Penelitian Wajib Pajak Orang Pribadi pada Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu strategi lain yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak dalam upaya memberikan pelayanan kepada wajib pajak adalah dibentuknya fasilitas tax center. Tax center adalah fasilitas yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pajak yang bekerjasama dengan Perguruan Tinggi. Sebelum pembentukan tax center, Perguruan Tinggi membuat kesepakatan bersama untuk melakukan sosialisasi perpajakan. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan kesadaran dan kepedulian wajib pajak dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara kualitas pelayanan perpajakan melalui bukti fisik, keandalan, daya tanggap, keyakinan dan empati terhadap kepuasan wajib pajak secara simultan dan parsial di Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2015 di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan menyebar kuesioner kepada wajib pajak sebanyak 98 responden. Analsis data yang digunakan adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, keyakinan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari α sebesar 0,05 (0,000<0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,257 atau 25,7%. Artinya bahwa keragaman kepuasan wajib pajak dipengaruhi oleh 25,7% variabel bebas bukti fisik, keandalan daya tanggap, keyakinan, dan empati. Sedangkan sisanya sebesar 74,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar pembahasan ini. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk lebih meningkatkan dan memperbaiki kualitas pelayanan tax center agar wajib pajak merasa puas dalam medapatkan pelayanan perpajakan di Tax Center Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/574/051507320
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 07 Oct 2015 14:40
Last Modified: 07 Oct 2015 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117642
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item