Implementasi Program Gerakan Sanitasi Berbasis Masyarakat Dalam Pengendalian Lingkungan (Studi di Desa Perning, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk),

Zahrina, AidaFitria (2015) Implementasi Program Gerakan Sanitasi Berbasis Masyarakat Dalam Pengendalian Lingkungan (Studi di Desa Perning, Kecamatan Jatikalen, Kabupaten Nganjuk),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk dapat melihat bagaimana sejauh ini Bank Sampah “Sri Wilis” Kota Kediri dalam melaksanakan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Kegiatannya adalah dengan melakukan berbagai strategi inovatif dalam pengelolaan sampah, nilai lebih yang diperoleh dari sampah, serta dampak lingkungan yang bersih dan sehat dengan melibatkan peran serta masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokus penelitian ini berada di Kota Kediri, sedangkan situs penelitian ini berada di Bank Sampah “Sri Wilis” Perum Wilis II Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sumber data primer diperoleh dari wawancara, dan observasi, serta untuk data sekundernya diperoleh dari dokumentasi terkait. Sedangkan untuk analisa data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi inovatif yang dilakukan Bank Sampah “Sri Wilis” dalam pengelolaan sampah rumah tangga telah dilaksanakan dengan maksimal. Pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan dengan cara sosialisasi dan berbagai pelatihan-pelatihan yang diberikan. Aktor yang terlibat didalamnya yaitu pemerintah kota kediri, masyarakat sekitar perum wilis maupun masyarakat luar serta beberapa sekolah-sekolah di Kota Kediri. Upaya yang dilakukan agar masyarakat terlibat dengan menggunakan sistem simpan pinjam. Serta faktor ekonomi yang diperoleh didalamnya yaitu dengan mendapatkan nilai lebih dari hasil penjualan sampah. (2) faktor-faktor yang mempengaruhi, seperti faktor pendukung meliputi adanya keterlibatan anggota, adanya saran dan prasarana, keterlibatan masyarakat sekitar, kerjasama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota kediri, sedangkan faktor penghambat meliputi mindset masyarakat yang belum dapat berubah dan adanya ketidaksiapan anggota pengurus dalam mengambil sampah dirumah warga. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Strategi inovatif dalam pengelolaan sampah rumah tangga telah dijalankan secara baik didukung dengan adanya partisipasi penuh dari masyarakat, adanya sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari pemerintah kota kediri. Sehingga dalam implementasi program pengelolaan sampah rumah tangga ini dapat dilaksanakan dan diwujudkan sesuai dengan tujuan sebelumnya. Dengan hambatan yang ada untuk dapat merubah mindset beberapa masyarakat untuk peduli, belum dapat dijalankan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/516/051507261
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2015 10:54
Last Modified: 06 Oct 2015 10:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117582
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item