Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Berbasis Potensi Wilayah (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dan KIM Tlogomas Kota Malang),

Ambarwati, RiaNur (2015) Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Berbasis Potensi Wilayah (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang dan KIM Tlogomas Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif melakukan kegiatan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat. Konsep KIM Berbasis Potensi Wilayah yang diterapkan pada KIM Tlogomas dimana KIM menjalankan fungsinya dalam hal pengelolaan informasi sekaligus melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan mengembangkan potensi yang dimiliki oleh wilayah. Pemberdayaan masyarakat terajadi melalui proses peningkatan kesadaran akan pentingnya informasi, peningkatan akses, dan pendayagunaan informasi dalam meningkatkan sumber daya masyarakat dengan mengembangkan potensi yang ada di wilayah Tlogomas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa bagaimana pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui KIM Berbasis Potensi Wilayah yang diterapakan pada KIM Tlogomas serta mengidentifikasi faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui KIM Tlogomas. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan metode kualitatif peneliti dapat memahami makna suatu peristiwa interaksi dalam situasi tertentu menurut pandangan peneliti. Lokasi penelitian berada di Kota Malang dan situs penelitian di Dinas Kominfo Kota Malang dan KIM Tlogomas Kota Malang. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian pemberdayaan masyarakat melalui KIM Berbasis Potensi Wilayah yang diterapakan pada KIM Tlogomas sudah dilakukan dengan melaksanakan program kerja dengan baik oleh KIM Tlogomas. Namun, masih terdapat beberapa hambatan seperti komitmen dari anggota, masyarakat yang belum bisa memanfaatkan perkembangan IPTEK, serta latar belakang soasial-budaya. Saran yang dapat dilaksanakan yaitu meningkatkan komitmen, meningkatkan kerjasama, dan melakukan terobosan pada program kerja KIM Tlogomas dalam memberdayakan masyarakat sehingga masyarakat Tlogomas benar-benar dapat merasakan secara nyata manfaat adanya KIM Tlogomas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/513/051507258
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2015 08:57
Last Modified: 27 Oct 2020 15:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117579
[thumbnail of SKRIPSI_PDF_FIX.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF_FIX.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item