Implementasi Program Beras Untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Di Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo).

Saputro, Bayu Adi (2015) Implementasi Program Beras Untuk Masyarakat Miskin (Raskin) Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan (Studi Di Desa Sidoharjo, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu masalah yang kompleks baik di negara berkembang maupun di negara maju. Untuk itu pemerintah telah mencanangkan berbagai program untuk mengatasi masalah kemiskinan, salah satu pogram dari pemerintah adalah Program Beras Untuk Masyarakat Miskin (RASKIN). Program ini bertujuan untuk meringankan beban pengeluaran dari masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan pokok terutama kebutuhan akan beras. Program Raskin diselenggarakan di seluruh Indonesia termasuk juga di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Namun dalam pelakasanaan Program Raskin di Desa Sidoharjo terdapat beberapa kendala dan penyimpangan yang terjadi. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Program Raskin di Desa Sidoharjo serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat jalannya implementasi program ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sidoharjo Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program Raskin di Desa Sidoharjo berbeda dari ketentuan yang ditetapkan. Proses implementasi dibagi menjadi dua proses. Adapun implementasi Program Raskin di Desa Sidoharjo ini dapat dilihat dari sasaran dan manfaat, proses pendistribusian serta pengawasan. Faktor yang mendukung implementasi program Raskin adalah adanya komitmen dari agen pelaksana, koordinasi antar instansi serta respon masyarakat yang antusias. Sedangkan faktor penghambat program ini adalah berkaitan dengan anggaran/biaya, basis data, kurangnya pengawasan, lingkungan ekonomi, lingkungan sosial dan juga kondisi geografis. Saran dalam penelitian ini, diperlukan pengkajian ulang berkaitan dengan kesiapan program, sosialisasi program yang lebih intens kepada masyarakat, pendataan masyarakat minimal 2 tahun sekali, pengawasan yang dilakukan sampai pada tingkat paling bawah, perlu ikut sertanya para akademisi dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta kerjasama dari masyarakat dalam pengaduan pelanggaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/501/051507246
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 14:00
Last Modified: 07 Sep 2022 07:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117566
[thumbnail of BAYU ADI SAPUTRO.pdf] Text
BAYU ADI SAPUTRO.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item