Implementasi Kebijakan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Melalui Posyandu Lanjut Usia Dalam Aspek Sumber Daya (Studi tentang Program Posyandu Lansia di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota M

Erdika, NabilaSasa (2015) Implementasi Kebijakan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Melalui Posyandu Lanjut Usia Dalam Aspek Sumber Daya (Studi tentang Program Posyandu Lansia di Kelurahan Sawojajar Kecamatan Kedungkandang Kota M. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan upaya pemerintah dalam mencapai kesejahteraan bagi kelompok lanjut usia yang berawal dari Program Puskesmas Santun Lansia yang merupakan program dari Dinas Kesehatan yang berkembang menjadi peningkatan pelayanan kesehatan pada tingkat masyarakat dalam upaya mencapai kesejahteraan kelompok lanjut usia pada bidang kesehatan. Pada Kelurahan Sawojajar, pihak kelurahan mendorong untuk tiap RW memiliki posyandu. Melalui posyandu lansia ini, masyarakat kelompok lansia mendapatkan pelayanan sederhana dalam bidang kesehatan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa dan mengidentifikasikan bagaimana implementasi posyandu lansia di Kelurahan Sawojajar pada aspek sumber daya. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis interaktif model Saldana etc. (2014) yang terbagi menjadi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sasaran dari posyandu lansia Kelurahan Sawojajar telah mencapai sasaran yang dituju. Pada pelaksanaan telah berjalan secara sistematis dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi meskipun belum maksimal. Melalui Posyandu Lansia, masyarakat terbantu untuk lebih peduli kesehatan. Terkait sumber daya manusia telah memiliki kapabilitas untuk petugas kesehatan hanya saja terkendala jumlah dan pelatihan bagi kader. Sumber daya informasi dan wewenang telah berjalan maksimal hingga sampai ke masyarakat. Sedangakan untuk sumber daya fasilitas dibutuhkan bantuan karena kurang maksimal. Sumber daya finansial diterima dalam bentuk barang, pelatihan dan insentif bagi kader. Saran yang diajukan yakni bagi pemerintah agar memberikan dukungan lewat penambahan pelatihan, menambah fasilitas, memperjelas wewenang pelaksanaan posyandu serta meningkatkan kerjasama lintas sektor. Bagi Kader melakukan sosialisasi untuk mengembangkan posyandu agar menarik banyak lansia. Bagi masyarakat, khususnya kelompok lansia kelurahan Sawojajar hendaknya untuk berpartisipasi untuk posyandu lansia untuk mencapai kesejahteraan pada bidang kesehatan dan memberikan masukan untuk mencapai tujuan bersama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/500/051507245
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 13:56
Last Modified: 05 Oct 2015 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117565
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item