Analisis Kelayakan Investasi dalam Pengadaan Aktiva Tetap.

AyugoPrihastuti, Anggraini (2015) Analisis Kelayakan Investasi dalam Pengadaan Aktiva Tetap. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan rencana investasi yang akan dilakukan oleh PG. Pagotan Madiun. Investasi yang direncanakan yaitu penggantian aktiva tetap yang sudah tidak layak digunakan lagi. Aktiva yang diganti adalah komponen dari setiap stasiun produksi yang apabila tidak diganti akan mempengaruhi kinerja sehingga kegiatan produksi menjadi terhenti sementara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan wawancara kepada karyawan dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis finansial, penilaian investasi dengan Capital Budgeting. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode capital budgeting, dapat diketahui bahwa rencana investasi perusahaan layak untuk dilaksanakan. Hal ini dikarenakan besar ARR yang diperoleh adalah 27,769% lebih besar dari return yang diharapkan. Payback period yang dihasilkan untuk menutup initial investment adalah 4,3 bulan karena dapat menutup investasi sebelum umur ekonomis investasi habis. NPV yang dihasilkan adalah positif yaitu sebesar Rp 122.623.854.239. IRR yang diperoleh adalah 45,11% lebih besar dari return yang diharapkan 18,4%. Besarnya B/C Ratio yang diperoleh adalah 54,66 dan lebih dari 1. Dari kesimpulan yang ada peneliti memberikan saran kepada perusahaan agar melaksanakan rencana investasi tersebut. Peneliti juga menyarankan untuk meningkatkan kerja sama dengan petani tebu sekitar supaya bahan baku tebu tetap terpenuhi agar hasil produksi gula meningkat dan secara otomatis meningkatkan hasil penjualan.

English Abstract

The objective of this study is observing the feasibility of investment plan in PG. Pagotan Madiun. The investment plan related to replace the fixed assets which are improperly used. The replaced assets is the component from every production station which may cause any effect the performance, the production activity might be temporarily stopped. This research used descriptive type of research with quantitative approach. This research used primary data and secondary data from the company. In collecting the data, the technique of interview the employers and also documentation method. Meanwhile, the data analysis used in this research is financial analysis, investment appraisal with Capital Budgeting. According to the research result with Capital Budgeting method, it can be seen that investment planning of the company feasible to be accomplished. It is because number of ARR is 27,769% higher from the expected return. Payback Period which produced to close the initial investment is 4,3 months since it may close the investment before the economic life of investment is ran out. The result of NPV is positive, that is Rp 122.623.854.239. The IRR which is found is 45,11% higher than the 18,4% of the expected return. Meanwhile, the number of B/C Ratio which obtainable is 54,66 and higher than 1. As the conclusion, the researcher hopes the company may use that investment planning. The researcher also suggests the company to intensify the collaboration with surrounding cane farmer to fulfill sugar cane raw materials so the company may increase sugar production and automatically may earn more sells result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/50/051501815
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 03 Mar 2015 15:49
Last Modified: 03 Mar 2015 15:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117564
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item