Efektivitas Penerapan Mobile Meter Reading (MMR) pada PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada PDAM Kabupaten Malang),

Putri, AmandaHellena (2015) Efektivitas Penerapan Mobile Meter Reading (MMR) pada PDAM dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada PDAM Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PDAM Kabupaten Malang pada Maret 2013 mulai berkembang dan berusaha menerapkan MMR. Salah satu tujuan penerapan MMR adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dalam hal pembacaan angka meter. Tetapi upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan baca meter air dengan MMR belum berjalan secara efektif. Hal ini ditandai dengan masih banyaknya pelanggan yang merasa tagihan air mereka tidak sesuai dengan apa yang ditunjukkan meteran air. Maka pencapaian tujuan dari suatu kegiatan organisasi yang dilaksanakan perlu adanya efektivitas pelayanan, dimana efektivitas merupakan alat ukur tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam pencapaian hasil. Sehingga bila dikaitkan dengan MMR maka keberhasilan dapat diukur sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau ditetapkan. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif dengan didukung data deskriptif. Fokus penelitian ini yaitu: 1) efektivitas penerapan MMR pada PDAM Kabupaten Malang ditinjau dari: a) kepastian waktu penyelesaian; b) ketersediaan alat penunjang; c) kemudahan akses/kemudahan dalam penggunaan; d) tanggapan masyarakat (pelanggan); 2) faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan MMR ditinjau dari: a. faktor pendukung; b. faktor penghambat. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara dan catatan lapangan. Analisis data Miles, Hubberman dan Saldana dengan alur kegiatan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan MMR belum dapat digunakan secara optimal. Hal ini dapat diketahui dari aspek kepastian waktu penyelesaian dan kemudahan akses/kemudahan dalam penggunaan, serta faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan MMR yaitu faktor teknis dan faktor geografis yang mengakibatkan pelaksanaan MMR sering berjalan lambat karena mengandalkan koneksi internet yang sangat rentan. Akan tetapi bila melihat perbandingan biaya pembacaan meter yang ditawarkan oleh pihak PT. Kopesera Engineering, maka biaya yang dikeluarkan oleh PDAM akan lebih kecil dan petugas baca meter yang dibutuhkan juga lebih efisen. Rekomendasi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah perlu adanya upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan PDAM Kabupaten Malang, misalnya perbaikan teknis jaringan berdasarkan jangkauan geografis dan memindah atau mengirim hasil angka meter air ke sistem program komputer secara manual dengan tetap dilengkapi hasil perekaman stand angka meter air pelanggan sebagai bukti pendukung, serta tidak lagi mengandalkan koneksi internet yang sangat rentan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/485/051507230
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2015 11:10
Last Modified: 05 Oct 2015 11:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117543
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item