Analisis Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Limbah Cair Industri (Studi Pada Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri)

LailaKurniaSari (2015) Analisis Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Pengendalian Limbah Cair Industri (Studi Pada Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Kabupaten Kediri merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak industri di dalamnya. Dengan banyaknya industri tersebut, maka limbah yang dihasilkan akan semakin banyak. Oleh sebab itu dibutuhkan kinerja aparatur pemerintah untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap adanya pembuangan limbah cair industri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dan dibatasi pada tiga fokus penelitian, yaitu: (1) Mekanisme perizinan pembuangan limbah cair Pabrik Gula Ngadirejo, (2) Tindakan yang dilakukan pemerintah daerah terhadap pembuangan limbah cair Pabrik Gula Ngadirejo, dan (3) Kinerja pemerintah daerah dalam pengendalian limbah cair Pabrik Gula Ngadirejo, Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kediri dan situs penelitian dilakukan di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Pabrik Gula Ngadirejo, dan masyarakat Desa Jambean Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemerintah dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian limbah cair Pabrik Gula Ngadiredjo berlandaskan pada Peraturan Bupati Kediri Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Izin Pembuangan Air Limbah Ke Air Atau Sumber Air Di Kabupaten Kediri. Pembuangan limbah cair Pabrik Gula Ngadiredjo belum terealisasikan dengan baik, ini terlihat dari adanya pengaduan masyarakat terkait dengan kasus pencemaran air oleh Pabrik Gula Ngadiredjo. Pencemaran yang terjadi disebabkan karena limbah yang dibuang tidak sesuai dengan baku mutu yang ditentukan, serta melebihi debit yang ditentukan. Tindakan yang dilakukan pemerintah, antara lain: diadakannya sosialisasi, pengawasan dan pengendalian, sampai dengan pemberian sanksi dan didasari atas peraturan. Pengawasan dan pengendalian yang dilakukan oleh pemerintah terhambat dengan keterbatasan sumber daya manusia, tingkat pendidikan yang belum memadai dan sarana dan prasarana yang dimiliki, mengingat industri yang ditangani oleh pemerintah tidak sedikit. Sehingga kinerja pemerintah dalam pengendalian masih belum terlaksana secara maksimal. Guna memaksimalkan kinerja pemerintah dalam pengawasan dan pengendalian limbah cair industri, diperlukan rekrutmen pegawai yang memiliki kemampuan dan ketrampilan yang memadai, pendidikan dan pelatihan, serta menguatkan tingkat kerjasama antara berbagai pihak yang terlibat dalam melakukan pengawasan dan pengendalian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/472/051507219
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 14:49
Last Modified: 05 Oct 2015 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117529
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item