The Impact of Information Quality and System Quality On User Satisfaction In Web-Based Information System.

ArdyantiKumala, Rechardilla (2014) The Impact of Information Quality and System Quality On User Satisfaction In Web-Based Information System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan sistem informasi di era globalisasi sangat penting dalam persaingan bisnis, terutama di perbankan. Kecanggihan teknologi yang digunakan diperlukan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dan mendukung semua kegiatan di perusahaan. Sebagai salah satu bank terbesar, Bank Rakyat Indonesia telah menjadi pilihan untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dari semua segmen dan sektor ekonomi. Teknologi informasi yang baik akan dapat memberikan kepuasan kepada pengguna yang dapat memberikan kinerja terbaik dan bekerja secara optimal. Kinerja yang baik secara tidak langsung akan memberikan manfaat kepada perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kualitas informasi dan kualitas sistem pada kepuasan pengguna brinet secara parsial dan simltane di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kawi Malang. Penelitian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah penelitian penjelasan yang dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah karyawan Bank Rakyat Indonesia yang menggunakan sistem brinet. Sampel menggunakan rumus Slovin dengan 52 responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan infinensial termasuk analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dampak signifikan secara simultan dan parcally antara kualitas informasi dan kualitas sistem pada kepuasan pengguna. Namun, kepuasan pengguna bahwa emloyees merasa tidak terlalu besar karena beberapa dari mereka menemukan sistem dan informasi berkualitas pada brinet masih tidak baik. Ini karena banyak kendala yang terjadi pada sistem brinet. Kualitas sistem memiliki nilai signifikansi yang lebih rendah untuk kepuasan pengguna. Secara umum, kualitas sistem brinet cukup baik tetapi, beberapa karyawan percaya bahwa itu tidak baik bahkan lebih buruk. Kualitas informasi adalah variabel dominan tetapi, hasilnya menunjukkan bahwa efeknya kurang kuat. Selain itu, sistem brinet cukup baik, beberapa karyawan menemukan kurangnya kualitas informasi yang disebabkan oleh masalah yang terjadi. Itulah sebabnya mereka harus mengevaluasi dan meningkatkan sistem brins di masa depan terutama untuk jaringan atau internet yang digunakan.

English Abstract

The development of information systems in the globalization era is very important in business competition, especially in the banking. The sophistication of the technology used is needed to increase the competitive advantage and support all activities in company. As one of the largest banks, Bank Rakyat Indonesia has been the choice to meet the various needs of customers from all segments and economy sectors. Good information technology will be able to give satisfaction to the user who can give the best performance and work optimally. Good performance will indirectly give benefit to the company in achieving company goals. The objectives in this research are to analyze and explain the influence of information quality and system quality on BRINETS user satisfaction partially and simltaneously in PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kawi Malang. Research that is used to test the hypothesis is explanatory research that performed using quantitative method. Data collection is conducted using questionneir, interview and documentation techniques. Population that used are employees of Bank Rakyat Indonesia who using BRINETS system. Sample using Slovin formula with 52 respondents. Data analysis is conducted using Descriptive and Inferencial Statistic Methods including Multiple Regression Analysis. The result show that there are has significant impact simultanly and parcially between information quality and system quality on user satisfaction. However, the user satisfaction that emloyees felt not too big because some of them found the system and information quality on BRINETS still not good. This is because many obstacles that occur in BRINETS system. System quality has a lower significance value to user satisfaction. Generally, system quality of BRINETS is good enough but, some employees believe that it is not good even worse. Information quality is a dominant variable but, the results showed that the effect is less strong. In addition, BRINETS system is good enough however, some employees found lack of information quality caused by a problem that occurs. That is why they have to evaluate and improve the BRINETS system in the future especially for network or internet used.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/47/051501817
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 03 Mar 2015 15:33
Last Modified: 03 Mar 2015 15:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117526
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item