Peran Pemerintah Daerah Dalam Perizinan IPLC (Izin Pembuangan Limbah Cair) Terkait Dengan Pengawasan Dan Pengendalian Limbah Industri (Studi Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri),

ImaFebiyaningrum, (2015) Peran Pemerintah Daerah Dalam Perizinan IPLC (Izin Pembuangan Limbah Cair) Terkait Dengan Pengawasan Dan Pengendalian Limbah Industri (Studi Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan perizinan pembuangan limbah cair adalah salah satu bentuk upaya pengawasan dan pengendalian dari Pemerintah Kabupaten Kediri untuk meminimalisir adanya pencemaran sehingga industri akan lebih memperhatikan, memproses pengelolaan limbahnya agar tidak mencemari lingkungan sekitar industri dan tidak merugikan masyarakat sekitar industri. Tujuan penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemerintah daerah dalam pelayanan perizinan IPLC terkait dengan pengawasan dan pengendalian limbah industri dan menggambarkan faktor yang mempengaruhi terkait dengan pengawasan dan pengendalian limbah industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Kediri, sedangkan situsnya berada di Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen terkait. Sementara itu, analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman dan Saldana. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, Peran pemerintah diwujudkan dengan adanya produk hukum atau regulasi yang mengatur tentang perizinan pembuangan limbah cair (IPLC). Dengan adanya suatu perizinan yang telah diterbitkan oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri yaitu berupa Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC), maka suatu industri akan lebih memperhatikan pengelolaan limbahnya sebelum di buang ke badan air sehingga aman untuk masyarakat yang tinggal di sekitar aliran buangan limbah cair suatu industri. Upaya Pemerintah dalam pelayanan perizinan IPLC terkait dengan pengawasan dan pengendalian limbah industri, yaitu dengan melakukan upaya perlindungan dan pengelolaan dengan adanya Izin Pembuangan Limbah Cair (IPLC), Proper yang dilakukan oleh BLH Jatim serta adanya monitoring, sidak secara mendadak, pengawasan, dan pengendalian limbah industri yang dilakukan oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri. Saran dari peneliti antara lain Pemerintah harus berupaya dengan menyediakan Standar operasional prosedur (SOP) untuk mempermudah masyarakat dan pihak industri dalam proses pengurusan Izin IPLC dan Pemerintah Kabupaten Kediri seharusnya bisa bekerja sama dengan para akademisi agar uji sampel bisa dilakukan oleh para akademisi yang sudah ahli dalam melakukan uji sampel air limbah industri. Hal tersebut penting untuk memperlancar pengawasan dan pengendalian limbah industri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/461/051507208
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:42
Last Modified: 05 Oct 2015 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117517
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item