Antini, Tri (2015) Strategi Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Potensi Lokal (Studi Terhadap Pemberdayaan UMKM Batik di Kabupaten Banyuwangi),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Strategi Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Potensi Lokal (Studi Terhadap Pemberdayaan UMKM Batik di Kabupaten Banyuwangi), Dr. Bambang Santoso Haryono, MS selaku Komisi Pembimbing Ketua, Dr. Sujarwoto, S.IP, M.Si, MPA selaku Anggota komisi pembimbing, 200 Hal + xix. Peran UMKM dalam perekonomian nasional dan daerah sangat penting. Oleh karena itu UMKM sering dikatakan sebagai sokoguru perekonomian nasional. Namun demikian, berbagai potensi UMKM seringkali masih belum dapat diberdayakan secara optimal oleh banyak pemerintah daerah. Penelitian ini mengkaji berbagai strategi yang dilakukan oleh kabupaten Banyuwangi dalam rangka memberdayakan UMKM Batik berbasis potensi lokal serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi dan situs dalam peneltian ini berada di Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan Kabupaten Banyuwangi, dan di 3 (tiga) tempat pelaku UMKM batik. Observasi dan wawancara dilakukan kepada beberapa informan kunci seperti pimpinan dan staff Dinas Koperasi dan UMKM, DInas Perindustrian Perdagangan Pertambangan, dan UMKM batik sebagai penerima manfaat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kabupaten Banyuwangi telah melaksanakan berbagai strategi pembedayaan UMKM Batik berbasis local dengan melalui berbagai strategi: perluasan akses modal, dukungan fasilitas, pemberian pelatihan, bantuan pemasaran, dan membangun kemitraan dengan serktor terkait. Beberapa faktor pendorong pelaksanaan strategi tersebut adalah kemampuan UMKM batik itu sendiri dalam membuat aneka ragam produk yang bersifat unik, pemasaran yang relatif sudah memadai dan saran pelatihan yang cukup baik. Sedangkan faktor penghambat antara lain masih rendahnya kemauan masyarakat untuk berwirausaha, keterbatasan bahan baku, dan kesempatan promosi yang lebih luas
English Abstract
Small, Micro and Medium Enterprises (SMEs) have a vital role in national and local development. However, the potential of SMEs have not yet maximised by many local governments. This research aims to explore strategies of Banyuwangi district to empower Batik’s SME and to identify factors that support and challenge those strategies. This research applied descriptive qualitative method. The study was conducted at Cooperative and SMEs agency, Trade and Industrial agency and three Batik SMEs in Banyuwangi district. Observation and interview were conducted to collect information about district SME’s related strategies as well as support and challenge factors. The results show that Banyuwangi district have implemented various strategies to empower their SMEs such as: enlarging access to credit, providing facilities, providing training, support on marketing and developing partnership with related sectors. Supporting factors include ability of batik SMEs to produce various unique products, marketing and training. Meanwhile, challenges factors include lack of entrepreneurship spirit within community, lack of raw materials and less opportunity for wider promotion.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/455/051507202 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Indah Nurul Afifah |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 11:10 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117510 |
![]() |
Other
Skripsi-TRI_ANTINI-STRATEGI_PEMDA_DALAM_PEMBERDAYAAN_UMKM_BERBASIS_POTENSI_LOKAL_(STUDI_TERHADAP_.pdf Download (0B) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |