Pengelolaan Piutang Yang Efektif Dalam Upaya Meningkatkan Rentabilitas Dan Menjaga Likuiditas (Studikasus Pada Unit Simpan Pinjam Kud „‟Tani Wilis‟‟ Kec.Sendang Tulungagung Periode 2012-2014)

Husna, RizkaMilatul (2015) Pengelolaan Piutang Yang Efektif Dalam Upaya Meningkatkan Rentabilitas Dan Menjaga Likuiditas (Studikasus Pada Unit Simpan Pinjam Kud „‟Tani Wilis‟‟ Kec.Sendang Tulungagung Periode 2012-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengelolaan piutang diperlukan dalam menjalankan aktivitasnya agar tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai rencana yang telah ditetapkan. Piutang yang diberikan oleh perusahaan mempunyai risiko yang cukup besar, yaitu keterlambatan dalam pelunasan dan kemungkinan tidak tertagihnya baik sebagian atau seluruhnya. Perusahaan harus dapat mengelola piutang serta mengadakan pengawasan secara efektif terhadap pengelolaan piutang. Rentabilitas dan likuiditas perusahaan merupakan pencerminan efisiensi suatu perusahaan dalam menggunakan modal kerjanya. Masalah utama yang dibahas salam penelitian ini adalah bagaimana upaya-upaya yang dilakukan oleh unit simpan pinjam KUD Tani Wilis ini untuk meningkatkan rentabilitas dan menjaga likuiditasnya dan bagaimana kebijaksanaan yang diterapkan oleh unit simpan pinjam KUD Tani Wilis dalam memberikan kredit agar pengelolaan piutang lebih efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijaksanaan pengelolaan piutang yang diterapkan oleh unit simpan pinjam KUD Tani Wilis agar lebih efektif dan untuk mengetahui upaya apa yang harus dilakukan agar pengelolaan piutang tersebut dapat meningkatkan rentabilitas dan menjaga likuditas di unit simpan pinjam KUD Tani Wilis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang variabel dan pengukurannya adalah dilihat dari pengelolaan piutang yang efektif dengan cara mengukur dengan menggunakan rasio keuangan likuditas, aktivitas dan rentabilitas. Pengukuran efektif tidaknya pengelolaan piutang dilihat dari tingkat perputaran piutang dan perkembangan umur rata-rata pengumpulan piutang serta dilihat dari tingkat rentabilitas yang diukur secara rentabilitas ekonomis dan rentabilitas modal sendiri. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari unit simpan pinjam KUD Tani Wilis bahwa manajemen pengelolaan piutang di unit simpan pinjam KUD Tani Wilis kurang efektif, dilihat dari tingkat perputaran piutang dan rata-rata pengumpulan piutang yang cenderung lambat, yaitu dibawah batas waktu yang telah ditentukan dalam pengumpulan piutang, sehingga masih banyak dana yang tertanam dalam pos piutang yang menyebabkan rentabilitas koperasi berfluktuasi. Peneliti menyarankan kepada unit simpan pinjam KUD Tani Wilis bahwa dalam memberikan kredit kepada angggotanya hendaknya lebih selektif dan intensif dalam melakukan penagihan atas piutangnya kepada anggota yang telah jatuh tempo agar waktu terikatnya modal kerja dalam piutang semakin cepat dan dana yang diterima dari hasil pengembalian piutang tersebut dapat dimanfaatkan kembali untuk investasi lain yang lebih produkti, sehingga akan berpengaruh terhadap peningkatan rentabilitas dan likuiditas unit simpan pinjam KUD Tani Wilis tetap terjaga.

English Abstract

Management of accounts receivableis required tocarrying out the company‟s activities so that its goal can be achieved according to the plan that has been set. Accounts granted by the company have a considerable risk, which are delays in repayment and the possibility of uncollectible either in part or entirely. Companies must be able to manage accounts and to conduct an effective oversight over accounts management. Profitability and liquidity of the company is a reflection of a company‟s efficiency in using its working capital. The main issues discussed in this research is how the saving and loans unit KUD Tani Wilis improve its profitability and maintain its liquidity, also how the policy in providing credit is applied in order to be more effective. The purpose of this study was to determine the accounts management policies applied by the savings and loans unit KUD Tani Wilis to be more effective and to know what efforts should be made so the accounts management can improve profitability and maintain liquidity in the savings and loans unit KUD Tani Wilis. This research is descriptive research with case study approach. The variable and its measurement is seen from the effective accounts management that measured by liquidity financial ratios, activity and profitability. Measurement of the effectiveness of accounts management are seen from the turnover rate, development of the average age of accounts collection, as well as the profitability level that measured by profitability of economic and profitability of its own capital. Based on the analysis of data obtained from the savings and loans unit KUD Tani Wilis, its accounts management is less effective, judging from the receivables turnover rate and the accounts collection average that tend to be slow, which is below the time limit specified in the accounts collection, so there are still a lot of funds that are embedded in postal accounts that cause the union‟s profitability to fluctuate. Researcher suggests in giving credit to its members, the savings and loans unit KUD Tani Wilis should be more selective and intensive in collecting to members who have matured accounts so the dependent time of working capital in accounts receivable can be more quickly and the funds received from accounts repayment can be reused for other effective investments, so it will affect the increasing of profitability and liquidity in the savings and loans unit KUD Tani Wilis to be well maintained.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/441/ 051506351
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 08 Oct 2015 11:03
Last Modified: 08 Oct 2015 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117495
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item