Solicha, EviKurniatus (2015) Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Ditinjau Dari Penerapan Tiga Layanan Unggulan Samsat Jawa Timur (Studi Pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Bersama Samsat Malang Kota- Upt Dipenda Provinsi Ja. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) merupakan kerjasama tiga instansi yaitu Dipenda, Kapolri dan Jasa Raharja dalam kegiatan kepengurusan kendaraan bermotor, khususnya dalam kegiatan pemungutan pajak kendaraan bermotor (PKB), SWDKLLJ dan pengesahan STNK. Upaya peningkatan penerimaan PKB harus diimbangi dengan kepatuhan wajib pajak. Program inovasi pelayanan dari SAMSAT yaitu diberlakukannya layanan unggulan SAMSAT, yaitu SAMSAT Keliling, SAMSAT Corner dan SAMSAT Payment Point. Ketiga layanan tersebut merupakan wujud peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan kepada wajib pajak dengan harapan dapat memberikan kepuasan pada wajib pajak sebagai pelanggan dan dengan begitu kepatuhan wajib pajak juga semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor yang melakukan pembayaran PKB melalui tiga layanan unggulan SAMSAT, yaitu SAMSAT Keliling, SAMSAT Corner dan SAMSAT Payment Point dan mengidentifikasi pengaruh ketiga kualitas layanan unggulan SAMSAT terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 23 Desember 2014 s/d 28 Januari 2015 pada tiga tempat layanan unggulan SAMSAT yang berbeda. Penelitian dilakukan dengan survey pada ketiga tempat dengan cara menyebarkan kuesioner kepada wajib pajak kendaraan bermotor sebanyak 100 responden untuk masing-masing layanan. Sehingga total penyebaran kuesioner adalah sebanyak 300 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Jawaban untuk item pernyataan menggunakan skala likert dan data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi kelasik, analisis kovarian untuk mengetahui hubungan dan perbedaan, analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan secara signifikan antara kepatuhan wajib pajak SAMSAT Keliling, SAMSAT Corner dan SAMSAT Payment Point dengan mengendalikan variabel kualitas pelayanan. Selanjutnya kualitas pelayanan dari ketiga layanan unggulan SAMSAT berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan kualitas pelayanan yang paling besar pengaruhnya berturut-turut adalah layanan SAMSAT Corner berpengaruh sebesar 33%, SAMSAT Keliling 30,7% dan terakhir SAMSAT Payment Point sebesar 12,2% dan masing-masing sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.
English Abstract
Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) is a cooperation of three institutes which is Dipenda, Kapolri and Jasa Raharja that has the role in management of Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), authentication of SWDKLLJ and STNK. Furthermore, the management of PKB’s services has to be balanced with the responsibility of taxpayer. The SAMSAT’s special innovation service programs are SAMSAT Street, SAMSAT corner and SAMSAT payment point. Moreover, those three services are the configurations of increasing service quality that is given to taxpayer and citizens’ satisfy in paying the tax as a customer so that can increase the taxpayer’s pursuance. The purpose of this study is to find the differentiation of taxpayer’s pursuance level of motorcycle who obedient to pay the tax of PKB through three SAMSAT’s services. They are SAMSAT Street, SAMSAT Corner and SAMSAT Payment Point. It is also aimed to identify the influence of three SAMSAT’s services quality towards taxpayer’s pursuance level. Furthermore, this research was conducted on different places of SAMSAT superior service on December 23th December 2014 till January 25th 2015. Besides, this research is carried out by the survey in three of places that are handed out the 100 questionnaires to the respondents. Therefore, there are total 300 respondents for all three places. The researcher used the random sampling in taking the sample. In brief, the way to answer each item of question used likert scale and the data acquired are analyzed by using classic assumption test, kovarian analysis which is aimed to know the relationships and differences and the simple linear regression analysis which is aimed to find out the influential. The results of the analysis show that there is no difference significanly between the pursuance of taxpayer SAMSAT Street, SAMSAT Corner and SAMSAT Payment Point that has control of variable quality service. Furthermore, the three SAMSAT’s superior services influence significantly to taxpayer and the quality of services. The rate of influence service has different result such as SAMSAT Corner is 33%, SAMSAT Street is 30, 7% and SAMSAT Payment Point is 12.2%. Also, each of them is influenced by other factors that are outside of the variable of this study. Key words: The Superior Service SAMSAT Street, SAMSAT Corner and SAMSAT Payment Point, The quality of service, the taxpayer’s pursuance level of motorcycle.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2015/438/ 051506348 |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 05 Oct 2015 14:15 |
Last Modified: | 05 Oct 2015 14:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117491 |
Actions (login required)
View Item |