Pengaruh Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Rahim, Andini Mutmainnah (2015) Pengaruh Pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengenaan PPn BM terhadap keputusan pembelian smartphone pada Mahasiswa Program Studi Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksplanasi dengan jenis penelitian kuasi eksperimen model one grup pretest posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa perpajakan yang menggunakan smartphone, sampel yang digunakan sebanyak 40 partisipan yang didapatkan dengan metode sampel acak. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik nonparametris dengan uji hipotesis McNemar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PPn BM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone golongan bawah dimulai pada tarif 20%. 2) PPn BM berpengaruh signisikan terhadap keputusan pembelian smartphone golongan menengah dimulai pada tarif 20%. 3)PPn BM berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone golongan atas dimulai pada tarif 20%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PPn BM dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan mengenakan tarif sebesar 20% terhadap seluruh golongan ekonomi pada Mahasiswa Administrasi Perpajakan Universitas Brawijaya Malang. Selain itu, dengan menggunakan tarif 20% fungsi pajak yaitu sebagai sumber penerimaan negara dan sebagai pengatur dapat dilaksanakan. Oleh karena itu disarankan sebelum pemerintah menetapkan tarif PPn BM, lebih baik jika melakukan penelitian terlebih dahulu dengan menggunakan eksperimen lapangan.

English Abstract

This research aims to determine the effect of luxury tax on smartphone purchase decision. Moreover, to know the ideal rate of luxury taxwhich can reduce the level of purchases. The subjects of this research are the students of Taxation Administrative Program Faculty of Administrative Sciences Brawijaya University Malang. The approach used in this research is quantitativeexplanatory research by using quasi-experimental research one-group pretest-posttest design. The population in this research were students of taxation who areusing a smartphone. This research involved 40 participants as sample were obtained by random sampling method. This research is using non-parametric statistical as analytical method and the hypothesis test isMcNemar. The results showed that: 1) the luxury tax significantly influence purchasing decisions of lower class type smartphones, started at the rate of 20%. 2) the luxury tax significantly influence the purchasing decisions of the middle class type smartphones, started at the rate of 20%.3) the luxury tax significantly influence purchasing decisions of upper class type smartphones, started at the rate of 20%. The conclusion of this research is luxury tax can significantly influence purchasing decisions lower class type smartphone, middle class type smartphone, and upper class type smartphone by imposing the rate of 20% in Taxation Student Administrative Sciences Faculty of Brawijaya University Malang. Moreover, by using the 20% rate of tax, functions as a source of revenue and as a regulator can be implemented. Therefore based on the result, the recommendationbefore the government sets luxury tax rates, it is better to do some research in advance by using field experiments.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2015/433/ 051506343
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2015 09:33
Last Modified: 10 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/117486
[thumbnail of SKRIPSI_Andini_Mutmainnah_Rahim_115030401111021.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Andini_Mutmainnah_Rahim_115030401111021.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item